MUFFEST 2019 Mengarah Pada Konsep Sustainable Fashion

Thursday, 25 April 19 0 Comments   Herry Drajat
MUFFEST 2019

Perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 siap digelar pada tanggal 1-4 Mei 2019 di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre (JCC). Pameran yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia ini diselenggarakan atas kerja sama Indonesian Fashion Chamber (IFC) dengan Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO).

Menurut Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, di acara konferensi pers yang diadakan pada 21 April 2019 di JCC, “MUFFEST 2019 akan hadir dengan meningkatkan kualitas produk fashion muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi, termasuk mengarahkan pada konsep sustainable fashion. Dengan target Indonesia sebagai barometer fashion muslim dunia, MUFFEST 2019 berupaya menggaungkan tawaran Tren Fashion Muslim 2020 yang diarahkan sebagai identitas busana muslim Indonesia.”

MUFFEST 2019 akan menghadirkan pameran dagang ritel atau B2C dan mengarah pada B2B, Fashion Presentation, Talk Show, seminar, Fashion Design Competition, serta fashion show yang menampilkan ragam gaya busana muslim karya desainer Indonesia, mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting 2019/2020 bertema “Singularity”.

Perhelatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, di antaranya dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, dan Badan Ekonomi Kreatif. Selain itu, acara ini juga didukung oleh Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner, Wardah sebagai Official Make Up, dan pihak sponsor lainnya, yaitu Elzatta, UBS Gold, dan Asia Pacific Rayon. MUFFEST 2019 turut menggandeng community partner Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Institute (IFI).
 
Andi Djoewarsa, Wakil Presiden Pemasaran Tokopedia, menyambut baik kerja sama dengan MUFFEST. “Kami melihat keselarasan visi Tokopedia dengan MUFFEST 2019 dalam menciptakan peluang bagi seluruh masyarakat, termasuk bagi desainer fashion muslim Tanah Air. Selain itu, kolaborasi ini sejalan dengan campaign kami, yaitu Selaksa Rupa yang bertujuan untuk menyatukan kekayaan budaya Indonesia melalui keanekaragaman pilihan, desain, dan gaya fashion dari kolaborasi desainer fashion muslim ternama di Indonesia,” ujar Andi. “Kami berharap komitmen Tokopedia untuk mendorong pergerakan ekonomi digital serta mendukung para kreator lokal terus berjalan melalui kerja sama ini.”
 
Mengenai kesiapan Dyandra Promosindo dalam pelaksanaan MUFFEST 2019, Apriani, General Manager Operations PT Dyandra Promosindo, mengatakan, “Sebagai perhelatan fashion muslim yang berkelanjutan, MUFFEST diharapkan dapat menjadi tolak ukur perkembangan fashion muslim Indonesia dan mengantarkan Indonesia sebagai pusat inspirasi dan belanja fashion muslim dunia. Kami berupaya agar penyelenggaraan MUFFEST 2019 secara keseluruhan lebih berkualitas, baik bagi pengunjung dan peserta pameran hingga stakeholders terkait.”