IVENDO Gelar Rakernas Perdana

Thursday, 25 April 19 Herry Drajat
IVENDO

IVENDO (Indonesia Event Industry Council), sebuah asosiasi yang menaungi para pelaku event, pada 23 hingga 24 April 2019 mengadakan rapat kerja nasional (rakernas) perdana sejak asosiasi ini terbentuk pertama kali pada 8 Agustus 2018.

Rakernas dengan tema “Satu Tekad Untuk Hebat” ini diselenggarakan di Discovery Hotel Ancol Jakarta dengan dihadiri perwakilan dari lima DPD, yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Gorontalo, dan Sumatera Barat.

Tujuan diadakannya rakernas pertama ini adalah untuk menyosialisasikan AD/ART organisasi, memberikan pembekalan pagi pengurus pusat dan daerah berkaitan dengan profil kegiatan organisasi, dan merencanakan serta menyelaraskan program kerja pusat dan daerah.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi: Busana Muslim harus Memiliki Ciri Khas Indonesia

Pada rakernas ini juga diadakan penandatanganan MOU antara IVENDO dengan PT Telkom sebagai bentuk dukungan PT Telkom pada dunia event.

Dari hasil rakernas ini dihasilkan tiga program kerja yang mendesak untuk segera dilaksanakan, yaitu melakukan sosialisasi pada para pemangku kepentingan industri pariwisata di Tanah Air, termasuk di dalamnya mengajak para pengusaha dan pekerja event untuk bergabung dalam IVENDO; mendorong lahirnya regulasi baru yang mendorong industri event untuk dapat diterima dalam arti seluas-luasnya di masyarakat dan disejajarkan dengan industri kreatif lain; serta membangun pemerataan kapasitas dan kapabilitas penggiat industri event di seluruh Indonesia melalui standardisasi kompetensi dan program pelatihan yang merata dan berkesinambungan.

BACA JUGA:   IVENDO, Asosiasi Baru di Industri MICE

Hingga saat ini, IVENDO telah memiliki tujuh DPD, yaitu DPD DKI Jakarta, DPD Jawa Timur, DPD Sumatera Barat, DPD Bali, DPD Gorontalo, DPD Banten, dan DPD Sulawesi Utara. Ke depannya, akan segera dibentuk DPD baru, yaitu DPD Sumatera Utara, DPD Aceh, DPD Papua Barat, dan DPD Jawa Tengah.

IVENDO didukung oleh 13 komunitas, yaitu EOC (Event Organizer Community) Indonesia, Event Exhibition Information, Event Architect, EO Indonesia (Event Organizer Indonesia), Imarindo (Ikatan Manager Artis Indonesia), Indonesia Creative People, IPOS (Indonesia Professional Organizer Society), Jakarta MICE Community, PEI (Pekerja Event Indonesia), PaSKI (Persatuan Seniman Komedia Indonesia), RMI (Rental Muslim Indonesia), RI (Rental Indonesia), dan SLLR (Sound Lighting LED Rigging).