HOMEDEC 2018 Tampil Serba Beda

Thursday, 12 July 18   3 Views   0 Comments   Harry Purnama
HOMEDEC 2018

Menjamurnya pembangunan properti di daerah Jabodetabek memicu naiknya permintaan akan kebutuhan produk interior dan rancangan desain interior. Karena itu, PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition bekerja sama dengan HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) kembali akan menyelenggarakan pameran HOMEDEC pada 6-9 September 2018 di Hall 5-6 ICE BSD City. Pameran yang memasuki tahun keempat ini akan mengangkat tema “For Better Home & Living”.

Pada tahun lalu, HOMEDEC dikunjungi sekitar 22.700 orang, meningkat dari 16.800 orang pada perhelatan tahun 2015 dan 19.000 orang pada 2016. Sementara itu, jumlah merek yang berpartisipasi juga ikut mengalami peningkatan, yakni dari 80 merek pada 2015, lalu menjadi 100 merek pada 2016, dan pada 2017 menjadi 150 merek.

Arief Sofyan, Conference and Exhibition Manager PT Citra Inovasi Strategi Exhibition, mengatakan, target pada HOMEDEC 2018 adalah dikunjungi 27.000 orang dan menghadirkan 350-400 stan.

“Pada tahun lalu, yang paling banyak berkunjung adalah para pemilik rumah, yakni sebesar 53 persen,” ujar Arief.

Arief mengatakan, pelaksanaan HOMEDEC pertama kali diadakan di Surabaya, dan dua tahun terakhir baru dipindah ke ICE BSD City. Alasannya adalah karena di Tangerang, BSD, dan sekitarnya merupakan daerah emerging properties sehingga dapat menarik pengunjung lebih banyak.

Untuk ke depannya, Arief mengaku akan fokus untuk membesarkan event ini terlebih dahulu sebelum membawanya ke luar daerah, terutama ke luar dari Pulau Jawa. “Namun, untuk tahun depan, kami rencananya akan mengadakan dua kali dalam setahun, yakni di ICE dan di Jakarta,” ujar Arief.

Arief menambahkan, HOMEDEC merupakan pameran yang berbeda dengan pameran properti lainnya. “HOMEDEC hanya fokus pada home show dan interior rumah, tidak ada building materials dan lain sebagainya,” ujar Arief.

Chairul Amal Septono, perwakilan dari HDII Jakarta, menambahkan, “Pameran HOMEDEC ini cukup luas karena tidak hanya tentang interior, tapi ada juga hospitality, public service, dan lainnya.”

Pada HOMEDEC 2018 akan tampil beda, yakni hadirnya pameran baru bertajuk Indterior (Indonesia Interior Exhibition) yang merupakan hasil kolaborasi PT CIS Exhibition dengan HDII Jakarta. Dengan mengangkat tema “Exuberant” yang berarti ‘kegembiraan’, para peserta pameran akan dimanjakan dengan hadirnya pengunjung tertarget (targeted visitors) selama empat hari acara.

Selain itu, beberapa program menarik juga akan hadir di HOMEDEC 2018, antara lain konferensi, HOMEDEC Student Competition, Rumah 100 m2 yang dipamerkan oleh Indonesia Young Architect, Forum Arsitektur Archinesia, HOMEDEC Good Design Award, HOMEDEC Talk, dan HOMEDEC Flash Sale.

Untuk menghadiri pameran HOMEDEC 2018, para pengunjung tidak dikenakan biaya, cukup hanya melakukan registrasi diri. Bahkan, pengunjung yang beruntung juga berkesempatan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah.