Hotelex Indonesia 2018 Hadirkan Kompetisi Indonesia Coffee Event

Wednesday, 11 July 18   69 Views   0 Comments   Herry Drajat
Indonesia Coffee Event

Bersamaan dengan berlangsungnya pameran Hotelex Indonesia di JIExpo Kemayoran pada 18-20 Juli 2018, akan ada juga kompetisi Indonesia Coffee Event (ICE) yang bertujuan mencari bakat barista terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam ajang kejuaraan dunia di Brasil pada November 2018.

Indonesia Coffee Event diselenggarakan oleh Barista Guild Indonesia (BGI) yang merupakan organisasi di bawah Asosiasi Kopi Indonesia (AKSI). Ini merupakan penyelenggaraan Indonesia Coffee Event yang ketujuh kalinya, dan tahun ini akan mempertandingkan tiga kompetisi, yaitu Indonesia Brewers Cup (IBRC), Indonesia Latte Art Championship 2008 (ILAC 2018), dan Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC 2018).

Indonesia Brewers Cup diikuti oleh brewer-brewer potensial. Mereka dibebaskan untuk memilih kopi single origin yang akan dipresentasikan. Untuk bisa mendapatkan rasa dan aroma terbaik serta potensi maksimal kopi, mereka tentunya sudah melakukan riset, latihan, serta menentukan instrumen yang tepat serta presisi untuk menyajikan kopi andalannya. Kecakapan dalam presentasi juga akan menjadi bahan penilaian para juri.

Pada Indonesia Latte Art Championship 2018, pesertanya sudah ditentukan melalui serangkaian proses yang ketat. Di sini para barista harus menampilkan free pour style dan decorative style, yaitu seni menuang latte yang menampilkan pola atau desain menarik baik secara free pour maupun etching. Penilaian kompetisi ini berdasarkan pada visual, kreativitas, dan pola yang terbentuk pada tiap cangkirnya.

Kompetisi Indonesia Cup Tasters Championship 2018 adalah yang terakhir. Rasa dan aroma kopi adalah pembeda pada berbagai jenis kopi, di sini para barista adu cepat dan tepat dalam mengidentifikasi kopi secara blind test.

Indonesia adalah negara produsen kopi terbesar keempat di dunia, setelah Brasil, Vietnam, dan Colombia. Syafrudin, Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia(AKSI), mengatakan, produksi kopi pada 2018 ini akan meningkat dari sisi kualitas maupun kuantitas. Peningkatan kualitas karena cuaca pada 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya. Adanya peningkatan kualitas akan mendorong banyaknya permintaan sehingga akan menaikkan harga.

Hotelex Indonesia 2018 adalah pameran peralatan untuk para profesional di bidang perhotelan, restoran, dan kafe (horeca) mulai dari peralatan katering hingga peralatan makan eksklusif dari merek yang sudah terkenal di dunia internasional, serta diikuti oleh perusahaan pemasok aneka jenis bahan makanan serta minuman untuk horeca serta restoran kalangan atas. Pameran ini akan diikuti lebih dari 200 perusahaan dari 26 negara.