HOMEDEC 2018 Kembali Hadir Lebih Megah

Wednesday, 07 March 18   12 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
HOMEDEC 2018
Foto: Dok. PT Citra Inovasi Strategi Exhibition

PT Citra Inovasi Strategi Exhibition kembali akan menghadirkan pameran home show bertajuk Home Design & Interior Exhibition (HOMEDEC)) pada 6-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Linda Leoni, Regional Business Development Manager PT Citra Inovasi Strategi Exhibition, mengatakan, HOMEDEC merupakan home show one stop solution yang menyasar pada pemilik rumah, arsitek profesional, desain interior, dan juga industri terkait. Pameran HOMEDEC ini merupakan suatu wadah bagi pemilik rumah untuk menemukan keperluan dekorasi rumah.

“Yang membedakan dengan pameran sejenis lainnya adalah mereka menampilkan multiproduk, sedangkan di HOMEDEC ini pamerannya tertarget dan audiennya juga targeted,” kata Linda.

Di HOMEDEC, para pengunjung bisa menemukan produk maupun jasa terbaik untuk keperluan rumah, antara lain furniture & furnishing, home appliances, kitchen cabinets, bath & sanitary ware,  bedding & linen, art, decorative, audio visual & home theatre, water heater, water filter, jendela, pintu, lantai, pencahayaan, keamanan rumah, dan jasa desain interior.

“Dari tahun ke tahun HOMEDEC mengalami peningkatan 20 sampai 25 persen untuk kepesertaan. Pada 2015, acara ini dikunjungi 16.500 orang, lalu pada 2016 HOMEDEC dikunjungi 19.200 pengunjung, dan pada 2017 dikunjungi 22.700 pengunjung,” ujar Linda.

Linda menambahkan, dulu HOMEDEC hanya menempati satu hall di ICE, dan berharap HOMEDEC mengalami peningkatan dari segi pengunjung maupun peserta.

Dengan didukung oleh HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) di setiap tahun pelaksanaannya, HOMEDEC kembali akan membuat strategi yang baru di tahun 2018. Sinergi yang saling membangun ini akan melahirkan Co-Located Exhibition, yaitu Indterior dengan tema “Exuberant”  yang penyelenggaraannya serentak dengan pameran HOMEDEC 2018. Indterior akan membawa produk-produk terbaiknya, selain itu gambaran mengenai arsitektur, desain rumah beserta instalasi artsy akan ditampilkan pada area eksklusif ini. Target audien Indterior adalah B to B (Business to Business) yang akan dihadiri oleh project owner, developer, kontraktor, arsitek, desainer interior, dan profesional lainnya.

Selama pameran berlangsung, beberapa kegiatan dan acara menarik seperti konferensi bersama praktisi industri desainer interior melalui HDII, Forum Arsitektur, seminar/diskusi, jasa konsultasi dengan desainer interior dan arsitek oleh Bluprin, Good Design Award, serta kontes menarik akan turut diadakan.

“Untuk pameran Indterior ini kita menargetkan 80-100 seller,” kata Linda.

Sementara itu R. Arief Sofyan Rudiantoro, Exhibition & Conference Manager PT Citra Inovasi Strategi Exhibition, mengatakan, tantangan dalam menyelenggarakan HOMEDEC adalah tidak mudah untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari pengunjung maupun calon peserta.

“Kami melakukan riset dan membuat program yang menarik, sebab HOMEDEC ini bisa dibilang pameran baru yang sudah keempat kalinya, dan pihak penyelenggara berupaya untuk terus menumbuhkan kepercayaan. Untuk mendapatkan kepercayaan itu, tentu tidak gampang,” kata Arief.

Arief mengatakan, upaya yang dilakukan adalah pihak panitia selalu membuat konten acara semenarik mungkin setiap tahunnya, seperti forum arsitektur dan seminar diskusi.

Perhelatan HOMEDEC 2017 menempati area seluas 6.500 meter persegi dan diikuti 150 peserta dengan 300 stan, dikunjungi 22.000 pengunjung, serta transaksi lebih dari Rp41 miliar. HOMEDEC 2018 akan menggunakan Hall 5 dan Hall 6, dengan luas 10.000 meter persegi dan diikuti 500 peserta. Panitia menargetkan HOMEDEC 2018 akan dikunjungi 27.000 pengunjung serta transaksi naik 20 persen dari tahun lalu.