Jakarta Marathon 2023 Siap Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan

Friday, 15 September 23 Erwin Gumilar
Jakarta Marathon 2023

Event olahraga tahunan Jakarta Marathon kembali akan digelar pada 22 Oktober 2023. Tahun ini ditargetkan akan ada 11.000 peserta yang ikut lomba lari yang tahun ini mengangkat tema #langkahbersama tersebut. Pada tahun ini, Jakarta Marathon dikelola oleh Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB).

Donny Tjahyadikarta, Race Director Jakarta Marathon sekaligus perwakilan KLAB, mengungkapkan, berkaca dari penyelenggaraan tahun sebelumnya, tahun ini Jakarta Marathon akan meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan dengan tiga pilar utama. Pertama adalah komitmen peningkatan infrastruktur lomba.

“Penyelenggara bertekad untuk memberikan pengalaman lari yang lebih baik, beberapa aspek perbaikan akan mencakup kualitas jersey lari, paket lomba (race pack), sistem antrean yang lebih nyaman dan teratur, dan penyediaan fasilitas-fasilitas untuk pelari di lokasi,” katanya.

BACA JUGA:   IPA Convex Bantu Pemerintah Menjawab Tantangan Energi dan Perubahan Iklim

Kemudian dirinya menjelaskan penyelenggaraan tahun ini akan memastikan setidaknya hampir 5 jam rute lomba yang nyaman, rambu-rambu yang jelas, marshal yang cakap, dan instruksi yang konsisten di rute akan menjadi bagian integral dari acara tahun ini.

“Pada semua aspek teknis penyelenggaraan lomba, kami akan mengikuti panduan yang diberikan oleh federasi,” ungkapnya.

Kedua, jaminan keselamatan untuk pelari. Keselamatan pelari selama lomba adalah yang terpenting. Dengan memprioritaskan keselamatan peserta, langkah-langkah komprehensif telah diadopsi. Inisiatif pra-lomba meliputi pelatihan ekstensif untuk tim medis dan marshal.

Pada hari pelaksanaan lomba, penyelenggara akan memastikan keselamatan masing-masing pelari mendapat perhatian yang menyeluruh, dari asuransi hingga petugas kesehatan berlisensi akan ditempatkan secara strategis di sepanjang rute. Peralatan medis yang canggih berstandar internasional, termasuk Automated External Defibrillator (AED), akan tersedia.

BACA JUGA:   Indonesia International Property Expo 2019 Padukan Teknologi Online dengan Offline

Kemudian menimbang iklim tropis dan temperatur Jakarta, fasilitas dan inisiatif perlindungan cuaca panas (hot environment risk protection) juga akan diimplementasikan di titik-titik rute, termasuk di antaranya standar air mineral untuk hidrasi yang akan tersedia untuk para pelari benar-benar terpilih dan terbukti kualitas mineralnya.

dr. Andi Kurniawan, Sp.KO, Medical Director Jakarta Marathon 2023, menambahkan, “Dengan langkah-langkah komprehensif kesehatan tersebut, kami berusaha untuk memberikan pelayanan medis di atas standar yang biasa kami lakukan dan berharap dapat menjadikan Jakarta Marathon sebagai lomba lari dengan risiko terendah di Indonesia.”

BACA JUGA:   Luhut Binsar Pandjaitan Jadikan Jakarta Marathon 2023 Event Internasional

Terakhir, penyelenggara akan mengedepankan tanggung jawab lingkungan. Jakarta Marathon 2023 dicanangkan sebagai ajang lari carbon-neutral pertama di Indonesia. Visi ini dimulai dengan penggunaan kendaraan listrik dari Electrum untuk memastikan transportasi nir-emisi. Semua sampah akan dikelola secara berkelanjutan dan bertanggung jawab oleh Ecofren. Kemudian, untuk pertama kalinya, jejak karbon dari setiap pelari dan operasional penyelenggaraan akan dihitung dan di-offset oleh Fairatmos.