Java Jazz Festival Kolaborasi dengan Pemerintah

Thursday, 27 February 20 Bonita Ningsih
Java Jazz Festival

Acara akbar Jakarta International Java Jazz Festival 2020 akan segera dibuka. Selama tiga hari pelaksanaan, yakni 28 Februari-1 Maret 2020, para pengunjung akan dimanjakan dengan penampilan musisi terkenal Tanah Air dan juga dunia. Beberapa nama musisi yang akan tampil ialah Omar Apollo, Kiana Lede, RINI, Erwin Gutawa, Yuni Shara, Trie Utama, Fariz RM, Cantika, Ardhito Pramono, hingga Rizky Febian.

Menariknya lagi, acara musik ini juga didukung oleh beberapa pihak terkait, mulai dari sponsor, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah. Dalam hal ini, pemerintah pusat diwakilkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung festival ini ke pasar internasional. Salah satu cara yang saat ini dilakukan ialah melakukan promosi kegiatan ini melalui seluruh sosial media Kemenparekraf. Selain itu, selama festival berlangsung, Kemenparekraf juga akan membuka stan dengan menjual berbagai cenderamata dan melakukan promosi berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengaku bangga atas terlaksananya festival musik tahunan ini. Menurutnya, di tengah wabah virus COVID-19 ini, Java Jazz Festival sudah melakukan hal terbaik karena tetap menggelar acara yang memasuki tahun ke-16 ini.

“Sangat membanggakan, apalagi melalui kondisi yang tidak mudah seperti ini, pihak penyelenggara tetap menggelar acara ini. Saya berharap ke depannya akan terus berlangsung dengan baik,” kata Wishnutama.

Keberadaan festival musik jazz ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan wisatawan domestik dan mancanegara. Ini terlihat dengan banyaknya musisi dan pengunjung yang berasal dari negeri seberang datang ke Jakarta hanya untuk menonton acara ini.

Hal serupa juga diakui oleh Dewi Gontha, Presiden Direktur PT Java Festival Production. Menurutnya, setiap tahunnya acara ini memang selalu menghadirkan banyak wisatawan, mulai dari domestik dan mancanegara. Ia mengaku bangga lantaran telah berhasil membantu pemerintah untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia, khususnya Jakarta, dan juga menjadi salah satu penyumbang devisa negara.

“Tahun ini memang ada satu musisi luar yang membatalkan karena melihat kondisi yang seperti ini, tetapi sudah ada musisi dalam negeri yang menggantikannya,” ucap Dewi.

Halaman : 12