Kampanye Beli Kreatif Tampilkan Produk-Produk Asli Danau Toba

Tuesday, 23 February 21 Harry Purnama
Kampanye Beli Kreatif Danau Toba

Kampanye Beli Kreatif Danau Toba di Kabupaten Dairi resmi dibuka pada 20 Februari 2021 oleh Presiden Joko Widodo. Acara ini digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai koordinator Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada bulan Februari 2021 yang pada bulan ini bertema keindahan lanskap dan otentisitas karya ekonomi kreatif di Danau Toba. Acara ini secara serentak dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu Kabupaten Dairi, Toba dan Jakarta.

Untuk mendukung acara yang digelar secara hybrid tersebut, Kemenko Marves melalui Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo R.M. Manuhutu hadir secara langsung di Kabupaten Dairi.

Acara ini memberikan kesempatan bagi delapan kabupaten di sekitar Danau Toba untuk memamerkan karya kerajinan tangan maupun olahan khas masing-masing daerah. Kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Dairi, Toba, Simalungun, Pakpak Barat, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo, dan Samosir.

“Kita harap dalam enam bulan mendatang produk-produk ekonomi kreatif di Danau Toba bisa berkembang. Untuk itu, kita akan melakukan pendampingan atau upscaling, pemasaran atau onboarding, dan tentunya akan mendukung program ini. Kita akan terus berkampanye di seluruh platform,” ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berbagai produk ekonomi kreatif mulai dari kriya, kuliner, dan fesyen mengisi penuh stan-stan pameran. Selain itu, acara ini juga diramaikan oleh berbagai penampilan, mulai dari fashion show pakaian karya desainer lokal Danau Toba, penampilan tari Tor-Tor, hingga kehadiran penyanyi kondang asal Sumatera Utara, Lyodra.