Kegiatan Virtual MICE Meningkat 200% Selama Pandemi

Friday, 19 February 21 Bonita Ningsih

LOKET mencatat banyak jenis event yang lahir di tengah pandemi COVID-19. Selain unik, event-event yang dihasilkan dapat menarik antusiasme tinggi masyarakat, seperti event keuangan, memasak, kelas olahraga, hingga konferensi bisnis.

“Setiap event juga memiliki penjualan yang bagus hingga ribuan tiket per acaranya. Ke depannya, kami optimistis akan menghadirkan lebih banyak variasi event online di LOKET,” kata Tubagus Utama, Head of LOKET.

Bagus menjelaskan, dari banyaknya event online yang terselenggara, MICE menjadi tren kelas online paling diminati masyarakat. Adanya perubahan rutinitas harian yang kian menitikberatkan kegiatan online turut mendorong lahirnya berbagai jenis event MICE baru yang unik dan menarik.

LOKET mencatat ada lebih dari 600.000 tiket terjual di kategori MICE selama tahun 2020. Jumlah ini meningkat 200 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Kegiatan yang paling banyak diminati meliputi kelas keuangan, memasak, serta bisnis dan marketing.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ada dua event yang paling menarik perhatian masyarakat di tengah pandemi, yakni kelas online saham dan memasak. Perolehan yang dihasilkan sangat positif, yakni mencapai lebih dari 8.000 tiket untuk masing-masing kelasnya.

“Pandemi ini memang membuat kelas online meningkat karena lebih banyak waktu yang dihabiskan di rumah saja. Oleh karena itu, masyarakat merasa terdorong untuk mengikuti berbagai kelas online untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka di bidang tertentu,” jelas Bagus.

Selain MICE, para pengguna LOKET juga banyak yang mencari acara musik untuk mengisi waktu luangnya di rumah. Tercatat lebih dari 500.000 pencinta musik telah memadati ruang virtual yang digelar oleh LOKET. Dalam pelaksanaannya, LOKET melakukan kolaborasi dengan lebih dari 200 musisi untuk menghadirkan festival dan konser musik secara virtual selama tahun 2020.

Di urutan ketiga, tren olahraga virtual berhasil menembus lebih dari 10.000 peserta selama tahun 2020. Selain senam dan zumba, lari secara virtual juga menjadi tren di kalangan para penggiat olahraga di masa adaptasi baru. Rata-rata penjualan tiket pun terbilang cepat karena kurang dari satu minggu semua tiket terjual habis melalui laman Loket.com dan GoTix, platform tiket bagian dari LOKET.

Selanjutnya, kegiatan bioskop drive-in juga menjadi salah satu alternatif hiburan paling diminati masyarakat urban. Selama pandemi, LOKET telah memutar 155 judul film melalui drive-in cinema dengan penjualan tiket hampir 8.000 hingga akhir tahun 2020.

“Menikmati hiburan dengan menonton film di layar lebar memang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup masyarakat urban. Adanya protokol kesehatan yang membatasi menonton film di bioskop turut mendorong drive-in cinema hadir sebagai alternatif hiburan paling aman dan nyaman untuk menikmati tayangan film terbaru,” jelasnya.

Dengan hadirnya berbagai jenis event tersebut, secara tidak langsung LOKET telah berhasil membantu geliat ekonomi di masa penuh tantangan ini. Oleh sebab itu, diharapkan industri event akan semakin bertumbuh positif dengan menghadirkan segala jenis event dari semua skala.

“Sebagai pionir dalam teknologi manajemen event, kami berkomitmen untuk selalu mendorong pertumbuhan industri event dan hiburan melalui berbagai inovasi di dalamnya. Kami juga memastikan bahwa teknologi LOKET dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para event creator dan para konsumen,” dia menambahkan.