Kemendag Gelar Lokakarya Persiapan Menghadapi Pameran Internasional

Tuesday, 15 October 19 Herry Drajat
Trade Expo Indonesia 2019

Sebelum dilaksanakannya Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, sebelumnya telah digelar lokakarya dengan tema “Strategi untuk Mengikuti Pameran Dagang Internasional”.

Lokakarya yang bertujuan untuk membantu mempersiapkan pelaku usaha agar lebih efektif dan maksimal dalam mengikuti pameran internasional, seperti Trade Expo Indonesia 2019, diadakan oleh Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) diadakan di ICE, BSD, Tangerang, Banten, pada 14 Oktober 2019.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 40 pelaku usaha dari berbagai sektor, antara lain produk alas kaki, pakaian jadi, pertanian (organik dan non-organik), serta bidang jasa digital seperti animasi, komik, dan tanda tangan digital.

“Melalui lokakarya ini diharapkan para pelaku usaha mendapat pengetahuan bagaimana memaksimalkan pameran internasional dan mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti pameran dagang,” ujar Dody Edward, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Bertindak sebagai pembicara dalam lokakarya tersebut adalah para tenaga ahli dari mitra kerja Kemendag yang memiliki pengalaman dalam membina pelaku usaha yang berpartisipasi pada pameran internasional di luar negeri. Selain itu, juga hadir pelaku ekspor yang telah berhasil masuk pasar Amerika Serikat. Pelaku usaha ini memberikan testimoni dan pengalaman yang mereka terima terkait karakteristik pasar, tren, dan cara bernegosiasi dengan para buyers internasional.