ICAD 2019 akan Gelar Konvensi dan Awarding

Tuesday, 15 October 19 Herry Drajat
ICAD 2019

Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD), pameran kolaborasi desain, seni, teknologi, hiburan serta industri perhotelan yang juga mengangkat kearifan lokal Indonesia, kembali diselenggarakan di grandkemang Hotel pada 16 Oktober sampai 24 November 2019.

Acara yang dapat dikunjungi secara gratis ini diselenggarakan oleh Yayasan Design+Art Indonesia, didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), Artura Insanindo, dan grandkemang Hotel Jakarta. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ICAD yang ke-10 dengan mengangkat tajuk “Faktor-X”.

ICAD 2019 akan menampilkan karya para seniman mempunyai kontribusi besar dalam perkembangan seni dan desain kontemporer Indonesia dalam 20 tahun terakhir. Mereka di antaranya adalah Adi Purnomo (Arsitek – Jakarta), Agus Suwage (Perupa – Yogyakarta), Nirwan Dewanto (Sastrawan – Jakarta), Dolorosa Sinaga (Perupa – Jakarta), Hadiprana (Desainer Interior – Jakarta), F.X. Harsono (Perupa – Yogyakarta/Jakarta), Hardiman Radjab (Perupa – Jakarta), Rinaldy Yuniardi (Desainer Fashion – Jakarta), Syahrizal Pahlevi (Perupa – Yogyakarta), dan Tisna Sanjaya (Perupa – Bandung).

Sementara seniman dan desainer muda yang dianggap berkontribusi terhadap perkembangan desain dan seni kontemporer di Indonesia, seperti Danny Wicaksono (Arsitek – Jakarta), Denny Priyatna (Desainer Produk – Jakarta), Mulyana (Perupa – Yogyakarta), dan Yaya Sung (Perupa – Jakarta), juga diberikan kesempatan menampilkan karyanya pada zona Next Gen.

Rangkaian acara yang akan dilaksanakan pada ICAD 2019 di antaranya kegiatan dalam bentuk konvensi serta pertunjukan seni kolaborasi desain, seni, teknologi, entertainment, serta industri perhotelan yang juga mengangkat kearifan lokal Indonesia yang bertujuan memperlihatkan dan mendekatkan kekayaan seni dan desain Indonesia kepada publik melalui pameran yang diselenggarakan di ruang publik.

Akan ada tiga konvensi pada ICAD 2019, yaitu bertemakan Desain, Seni, dan Film yang akan diselenggarakan di grandkemang Hotel, menampilkan pembicara di antaranya Giorgio Borruso (Arsitek Italia), Ella Ritchie (Intoart), dan Kimberly James (HBO Asia).

Konvensi Desain merupakan kerja sama dengan Istituto Italiano di Cultura dan Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta. Sementara, konvensi Seni bekerja sama dengan British Council dan Koalisi Seni, serta konvensi Film bekerja sama dengan Motion Picture Association (MPA) dan Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI).

Sebagai perayaan satu dasawarsa penyelenggaraannya, tahun ini ICAD hadir dengan konsep visualisasi karya yang berbeda, yaitu karya-karya visual untuk menggambarkan pemetaan pemikiran atau mind mapping 10 orang maestro dari berbagai bidang. Hasil yang didapat melalui penelusuran proses berkarya akan ditampilkan pada zona In Focus.

Pada ICAD 2019 untuk pertama kalinya akan diselenggarakan ICAD AWARD, yaitu sebuah pemberian penghargaan kepada pelaku-pelaku kreatif yang dianggap penting dan punya kontribusi besar pada perkembangan dunia desain dan seni kontemporer di Indonesia. Penerima penghargaan ini akan dipilih oleh tim juri yang memilih dari hasil rekomendasi dan riset yang dilakukan oleh ICAD.