Korea Festival 2021 Gelar Serangkaian Acara

Friday, 15 October 21 Bonita Ningsih

Agenda kebudayaan tahunan Korea di Indonesia kembali digelar. Mengangkat tema “We Go Together – Korea Festival 2021”, festival budaya ini diselenggarakan mulai 27 September hingga bulan November 2021.

Sebagai pihak penyelenggara, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), mengajak masyarakat Indonesia untuk menikmati serangkaian acara dengan berbagai kategori. Beberapa di antaranya adalah  “Enjoy Together”, “Learn Together”, “Taste Together”, “Feel Together”, “Play Together”, dan “Special Harmony Performance”. 

Direktur KCCI, Kim Yongwoon, mengatakan acara ini sebagai bentuk kekuatan bagi masyarakat Indonesia dalam menghadapi situasi pandemi. Serangkaian acara dengan konsep yang menarik telah disiapkan oleh pihaknya untuk menghibur masyarakat di Indonesia.

“Kami berharap melalui acara yang beragam dan disiapkan secara khusus bagi masyarakat di Indonesia maka dapat menjadi hiburan dan kekuatan untuk melangkah bersama-sama dengan semangat,” ujar Kim Yongwoon.

“We Go Together Korea Festival 2021” dihadirkan dalam bentuk hybrid yakni menggabungkan acara luring dan daring. Beberapa acara daring akan mengundang pembicara asal Korea yang memberikan materinya melalui siaran langsung dari negaranya. Seluruh acara daring juga akan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA:   MUFFEST 2020 Bebas dari Kantong Plastik

Berikut ini rangkaian acara yang dapat dinikmati masyarakat selama “We Go Together Korea Festival 2021” digelar:

  1. Taste Together

Membahas K-Food Variety Webseries “Masak Yuk!” yang digelar mulai 1 Oktober 2021.

Acara ini akan menghadirkan lima influencer Hallyu dari Indonesia yang menunjukkan keahliannya dalam memasak masakan Korea. Dikemas dalam lima episode webseries, acara ini tayang di kanal YouTube KCCIndonesia setiap hari Jumat pukul 20.00 WIB.

  1. Learn Together

Korea-Indonesia Book Exhibition “Hallyu : Speaks K-Book” digelar pada 8-10 Oktober 2021. Melalui kegiatan ini, masyarakat diajak belajar bersama melalui “Hallyu : Speaks K-Book” yang menghadirkan pameran buku-buku terkait Korea.

  1. Hangeul Day Experience

Tahun ini adalah peringatan Hari Hangeul ke-575. KCCI merayakan dengan aktivitas spesial berupa menulis nama dengan Hangeul (aksara Korea) dan kontes membaca teks Hangeul yang memiliki makna bagi diri sendiri. Acara ini berlangsung di area yang sama dengan “Hallyu : Speaks K-Book” pada 9 Oktober 2021.

  1. Enjoy Together

Tema ini menghadirkan Junior K-Pop Cover Contest yang digelar pada 23 Oktober 2021.

Anak-anak berusia 6-16 tahun yang gemar menyanyi dan menari cover K-Pop diundang untuk ikut kontes ini. Melalui kontes ini, anak-anak dapat menunjukkan bakat dan kegemarannya terhadap K-Pop. Kontes ini gratis dan acara final akan dilaksanakan secara daring. Pendaftaran dapat dilakukan melalui formulir yang tersedia di situs web KCCI.

BACA JUGA:   Wakatobi Wave 2017 Suguhkan Wisata Bahari dan Budaya

Selain itu, ada peluncuran buku “Seri Sastra Abad Ke-20 (Seri 5 & 6)”, rangkaian acara “Bertemu Si Penerjemah”, serta kuliah umum bertema “Book Design”. Acara akan berlangsung di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta. 

  1. Special Harmony Performance

Menghadirkan sebuah peragaan busana Hanbok-Batik Fashion Show yang digelar pada 22 Oktober 2021. Peragaan busana ini memperlihatkan keindahan Hanbok dari Korea dan Batik asal Indonesia. Istimewanya lagi, penonton akan melihat Hanbok yang dibuat dari Batik dan Kebaya yang dibuat dengan kain Hanbok. Pertunjukan akan ditayangkan secara daring.

  1. The 1st Korean Debate Contest digelar pada 29 Oktober 2021

Ini merupakan kontes debat dalam bahasa Korea pertama yang diadakan oleh Korean Cultural Center Indonesia. Peserta kontes merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi Bahasa dan Kebudayaan Korea. Kontes akan berlangsung secara daring.

  1. Riang Riuh Melodi & Semarak Tarian
BACA JUGA:   IIMS Surabaya Hadirkan Kontes Kreativitas Kendaraan Roda Dua

Menghadirkan kolaborasi tarian tradisional Korea dan lagu populer pertunjukan tradisional yang ditampilkan oleh Namdo National Gugak Center. Pertunjukan ini akan ditayangkan secara daring pada 6 November 2021.

  1. CSR Rice Cake Experience & Donation

Acara ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mengenal kue tradisional Korea, yakni Tteok atau kue beras Korea. Nantinya, kue beras ini juga akan didonasikan untuk mempromosikan kue tradisional Korea kepada masyarakat di Indonesia. Acara ini direncanakan akan digelar pada 15 November 2021.

  1. Play Together

Ini merupakan hastag event yang digelar sepanjang Korea Festival 2021 dan bisa diikuti oleh semua orang. Caranya adalah mengunggah foto di media sosial dengan tanda pagar sesuai petunjuk. Bagi pemenang yang beruntung akan mendapatkan suvenir dari pihak Korea.