KOTRA dan KTO Jakarta Hadirkan K-Lifestyle in ASEAN 2021

Tuesday, 26 October 21 Bonita Ningsih

Perkembangan produk Korea Selatan di Indonesia berkembang sangat pesat. Hal ini didukung dengan pengaruh media sosial yang tinggi sehingga membuat Korean wave sangat digemari. Tidak hanya kaum milenial, pengaruh budaya Korea Selatan saat ini sudah merambah ke kelompok masyarakat lebih luas.

Korean wave identik dengan dunia hiburan seperti musik (K-Pop), drama (K-Drama), dan program hiburan (variety show) yang dikemas secara menarik. Banyaknya produk Korea yang dihadirkan di Indonesia membuat Korean wave sangat digemari masyarakat di negara ini.

Untuk semakin mengembangkan Korean wave di Indonesia, pemerintah Korea Selatan telah membentuk

KOTRA (Korea Trade-Investment Promotion Agency) Jakarta. KOTRA merupakan organisasi pemerintah Korea Selatan yang berada di bawah Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. Tugasnya menjembatani perusahaan-perusahaan Korea dan perusahaan Indonesia serta mempromosikan produk-produk Korea agar lebih dikenal di pasar Indonesia. 

BACA JUGA:   Banten MICE Forum Jadikan Banten sebagai Destinasi MICE Dunia

Sejak didirikan pada tahun 1964, KOTRA Jakarta lebih berfokus di bidang B2B melalui berbagai aktivitas. Beberapa di antaranya adalah menyelenggarakan acara business matchmaking dan misi dagang (trade mission) dan pameran (Exhibition). 

Namun, sejak tahun 2018, KOTRA mencoba merambah dunia B2C. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya budaya Korea di kalangan masyarakat umum sehingga mempengaruhi potensi berkembangnya produk-produk Korea di pasar Indonesia.

Pameran B2C yang dihadirkan KOTRA Jakarta bertajuk O2O menelurkan K-Beauty in ASEAN di tahun 2020. Tahun ini, KOTRA Jakarta akan menambah pameran B2C dengan kehadiran K-Lifestyle in ASEAN pada November 2021. Penyelenggaraan K-Lifestyle in ASEAN akan berkolaborasi dengan Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta dan menggabungkan semua aspek di dalamnya. 

BACA JUGA:   Festival Musik Perkusi Internasional di Aceh

KOTRA Jakarta mencoba menjadikan tren Korean wave yang kini populer di tengah masyarakat Indonesia sebagai acuan untuk memperkenalkan berbagai produk dari Korea Selatan. Acara ini hadir karena masyarakat Indonesia sudah semakin familiar dengan berbagai tren bernuansa Korea, mulai dari produk kecantikan (K-Beauty), pakaian dan aksesoris (K-Fashion), hingga makanan (K-Food). 

Melalui K-Lifestyle in ASEAN 2021, KOTRA Jakarta ingin memperkenalkan produk-produk indie brands yang belum hadir di Indonesia. Tak perlu khawatir, bran kenamaan Korea juga akan turut hadir melengkapi acara K-Lifestyle in ASEAN. Semua produk tersebut dapat dibeli masyarakat pertama kalinya dengan diskon yang menarik. 

BACA JUGA:   Dyandra Promosindo Akan Gelar IIMS Series

Selain itu, K-Lifestyle in ASEAN 2021 juga rencananya akan menyuguhkan beberapa acara hiburan, seperti talkshow, beauty class, hingga demo masak. Rangkaian acara K-Lifestyle in ASEAN 2021 akan digelar secara daring dan luring yang digelar di Mal Central Park Jakarta. Ada juga acara B2B online yang mencakup meeting dan webinar