Lockdown Dilonggarkan, Pekan Mode Paris Segera Digelar Secara Fisik

Monday, 21 June 21 Bonita Ningsih

Pemerintah Prancis telah melonggarkan aturan lockdown guna mencegah penyebaran virus COVID-19 secara bertahap. Aturan tersebut membawa angin segar bagi pertunjukan mode di Paris untuk kembali menggelar acara secara fisik atau tatap muka.

Saat ini, Prancis sudah mulai melonggarkan jam malam dan mengakhiri aturan lockdown secara bertahap sejak bulan April 2021. Rencananya, pembukaan kembali ekonomi secara penuh dilakukan pada bulan Juli 2021.

Fédération de la Haute Couture et de la Mode, badan pengelola mode Prancis, menyebutkan, beberapa penyelenggaraan mode Paris telah siap digelar dalam beberapa waktu mendatang. Dengan kembali hadirkan pekan mode ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi negaranya kembali meningkat. Pasalnya, dalam waktu normal, beberapa pekan mode Paris telah menghasilkan sekitar 1,2 miliar euro untuk ekonomi lokal setiap tahunnya.

BACA JUGA:   INDOFOOD IRONMAN 70.3 Bintan Akan Hadirkan 5.000 Wisman

“Pertunjukan fisik akan diizinkan menyambut tamu sejalan dengan pedoman pemerintah dan bergantung terhadap kondisi pandemi saat ini,” terlampir surat pernyataan dari Fédération de la Haute Couture et de la Mode yang dikutip dari laman Reuters.

Berdasarkan laporan dari badan pengelola mode Paris, sejak September 2020 sudah tidak ada acara peragaan busana besar yang digelar secara tatap muka. Beberapa merek fesyen seperti Dior dan Chanel hanya menyelenggarakan beberapa pertunjukan dengan jumlah tamu terbatas.

BACA JUGA:   Melestarikan Nilai Leluhur Bangsa Melalui Festival Tidore 2017

Bahkan, beberapa bulan terakhir, merek-merek fesyen tersebut hanya mempresentasikan karya terbarunya melalui pertunjukan virtual saja. Cara lain yang dilakukan untuk memamerkan desain mereka adalah dengan membuat presentasi singkat melalui film pendek.

Dalam waktu dekat, pekan mode Paris akan menyelenggarakan The Annual Haute Couture Week secara langsung. Acara ini akan digelar pada 5-8 Juli 2021 mendatang dengan protokol kesehatan yang ketat.

Saat pandemi awal, The Annual Haute Couture Week tetap digelar meskipun secara virtual melalui platform digital Haute Couture. Namun, saat pertunjukan fisik kembali digelar, platform digital ini masih tetap digunakan untuk menonton ulang pertunjukan yang ada.

BACA JUGA:   TEI 2019 Memanjakan Para Buyer

The Annual Haute Couture Week hanya akan menampilkan para desainer dengan hasil buatan tangan sendiri yang unik. Bukan seperti pada pekan mode biasanya yang memamerkan pakaian untuk produksi massal.