Pameran IIETE 2024 Berikan Banyak Beasiswa Kuliah

Friday, 23 February 24 Harry
Indonesia International Education Training Expo & Conference

Dana penelitian di Indonesia diperkirakan hanya sebesar 0,03 persen, sedangkan di negara maju sudah di atas 7 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Didin Muhafidin SIP, M.Si, Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia, saat membuka pameran Indonesia International Education Training Expo & Conference (IIETE) yang berlangsung pada 22-25 Februari 2024 di Hall B JCC.

Minimnya dana penelitian tersebut berpengaruh pada majunya suatu negara. Menurut Didin, faktor umur negara, sumber daya alam yang dimiliki, dan kecerdasan warganya tidak berpengaruh terhadap majunya suatu negara.

“Maju-mundurnya suatu negara tidak ditentukan oleh kualitas IQ dan ras, melainkan pendidikan yang dilakukan secara sistematis dan terus-menerus. IQ hanya berada di peringkat ke-21 dari 100 faktor,” ungkap Didin Muhafidin.

BACA JUGA:   Festival Big Bang Jakarta Resmi Dibuka Selama 17 Hari Mendatang

Oleh karena itu, IIETE merupakan salah satu ajang pendidikan tinggi yang sangat membantu masyarakat dalam memilih pendidikan tinggi yang berkualitas, berkelanjutan, bukan hanya formalitas. Pameran ini merupakan bentuk dukungan pihak swasta dalam rangka menyampaikan informasi mengenai pendidikan tinggi, mulai dari Diploma, S1, S2, S3, profesi, kelas pararel, kelas internasional, program pelatihan, serta program kedinasan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Tidak hanya itu, IIETE 2024 juga menyajikan beragam informasi beasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta di dalam dan luar negeri. Tentunya, stimulasi beasiswa ini menjadi bukti dukungan penuh lembaga pendidikan untuk memperluas pemerataan pendidikan di tanah air,” ujar Yayat Hendayana, S.S., M.Si, Ketua Tim Kerjasama dan Humas Sekretariat Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RI.

BACA JUGA:   ICRA 2017 Fokus Hadirkan Produk Lokal Berkualitas

Dalam sambutannya, Yayat mengapresiasi PT Wahyu Promo Citra (WPCitra) selaku penyelenggara yang konsisten menggelar pameran pendidikan setiap tahunnya. Apalagi, IIETE tahun ini merupakan yang ke-32 kalinya digelar, setelah sempat terhenti 1 kali pada 2021 karena pandemi. 

Yayat Hendaryana juga mengimbau kepada seluruh siswa dan komponen pendidikan untuk mengoptimalkan informasi beasiswa yang disajikan di laman Kemendikbud, Kominfo, Kemenkeu, dan sejumlah aplikasi seperti LPDB, Go Campus, Sejutacita, dan sebagainya.

Syukur Sakka, Presiden Direktur Wahyu Promocitra, mengatakan, IIETE 2024 menghadirkan 125 stan yang diisi sekitar 200 institusi pendidikan dari dalam dan luar negeri, seperti dari PTN (perguruan tinggi negeri), PTS (perguruan tinggi swasta) favorit dari Indonesia dan mancanegara, lembaga kursus, digital education, dan industri penunjang pendidikan.

BACA JUGA:   Muslim Life Fest Hadirkan Zona Khusus Perdagangan Internasional

Pameran Indonesia International Education Training Expo & Conference 2024 juga memiliki sejumlah program acara, seperti kompetisi coding (Indonesia Coding Competition) dan kompetisi robot berskala nasional “Indonesia Robotic Competition (INAROC)” untuk para pelajar SMP/MTs dan SMA/MAN/SMK.

Bekerja sama dengan Mediacom, pelajar juga berkesempatan mendapatkan beasiswa kuliah melalui Online Scholarship Competition (OSC), yaitu kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diadakan oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation dan Medcom.id.