Pangkal Pinang Promosikan Pariwisata Lewat Motor Cross

Wednesday, 01 March 17   26 Views   0 Comments   Venue

Indonesia menjadi negara Asia ketiga yang masuk dalam kalender MXGP setelah Qatar dan Thailand. Karena itu, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mendukung perhelatan balap motor cross bertaraf internasional tersebut. Ajang bertajuk Indo MXGP itu akan digelar pada 4-5 Maret 2017 di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Penyelenggaraan wisata olahraga Indo MXGP 2017 ini sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia ke seluruh dunia.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengapresiasi penyelenggaraan wisata olahraga internasional tersebut yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, ke Provinsi Bangka Belitung.  Arief menambahkan, melalui event wisata olahraga ini diharapkan kunjungan wisman mencapai 5.000 orang. Diperkirakan setiap wisman akan mengeluarkan uang hingga US$1.000 selama pergelaran Indo MXGP 2017. Sementara untuk wisnus ditargetkan mencapai 1.000 orang, dengan target pengeluaran mencapai Rp1 juta per orang.

“Wisata olahraga memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat serta mempunyai nilai pemberitaan yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi sangat efektif, karena itu harus dipromosikan,” kata Arief.

Pangkal Pinang menjadi kota pertama di Indonesia yang menggelar Indo MXGP Championship 2017. Lokasi penyelenggaraan balapan memiliki keunikan dibandingkan dengan seri lainnya karena menyajikan trek yang berseberangan langsung dengan garis pantai. Para crosser dari 27 negara di dunia akan turut hadir dalam event yang menyajikan tiga kelas kategori, yakni MXGP 450cc, MX2 250cc, dan MX Women. Indonesia akan diwakili 10 crosser pada Indo MXGP Championship 2017.

Pada penyelenggaraan Indo MXGP 2017, tiga crosser populer bakal memeriahkan acara ini, seperti Alastair Sayer dari Afrika Selatan, Alex Martin dari Latvia, dan Wiliam Van den Putte dari Belgia. Mereka akan bersaing dengan crosser 27 negara lainnya.

“Ini event bergengsi, ditayangkan 120 negara, dan penonton TV-nya sekitar satu miliar dalam satu musim. Ini bagus untuk memperkuat Wonderful Indonesia ke seluruh dunia,” kata Arief Yahya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menyambut perhelatan tersebut. Pihaknya akan mempromosikan destinasi prioritas unggulan Tanjung Kelayang di Bangka Belitung yang telah dimasukkan ke dalam 10 destinasi prioritas pariwisata.

“Sebagai tuan rumah, Pemprov Kepulauan Bangka Belitung berkomitmen menyediakan segala yang dibutuhkan demi kelancaran kegiatan serta kenyamanan para wisatawan dan penonton. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Rustam Effendi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Judiarto, Ketua Penyelenggara Indo MXGP 2017, mengatakan, pihaknya akan mengatur proses kedatangan di bandara. Jalur pelabuhan juga akan dikoordinasikan agar setiap pengunjung mancanegara bisa terlayani dengan baik. Lokasi lintasan Motocross MXGP telah ditetapkan berada di kompleks GOR Sahabudin yang terbilang strategis. Lokasi ini berjarak sekitar 500 meter dari terminal baru Bandara Depati Amir Pangkal Pinang.

“Pemerintah provinsi dan organisasi Ikatan Motor Indonesia tetap berkoordinasi guna menyiapkan setiap keperluan Motocross MXGP. Pemprov juga membentuk panitia daerah. Bukan hanya nama baik panitia, tapi nama baik daerah kami dan pariwisata Indonesia dipertaruhkan,” kata Judiarto.

Penulis: Ahmad Baihaki