PARAMABIRA Hadirkan Konser Paduan Suara Virtual

Thursday, 09 July 20 Harry Purnama
PARAMABIRA

Pandemi COVID-19 membuat berbagai jenis kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa terhenti pelaksanaannya dan digantikan dengan kegiatan secara virtual. Menyikapi hal tersebut, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) PARAMABIRA dari Universitas Bina Nusantara berencana menggelar konser tahunan Ring of Songs secara virtual pada 12 Juli 2020 pukul 19.30 WIB.

Tiap tahun, paduan suara ini telah menghadirkan penyanyi luar biasa di acara yang dirancang untuk memfasilitasi pengalaman musik yang hebat. Konser Ring of Songs telah menggabungkan pertunjukan paduan suara yang terbaik dengan suasana yang menggembirakan dan berbagai genre musik dari berbagai penjuru, dari klasik hingga kontemporer. Perayaan tahunan musik unggulan ini telah diakui sebagai salah satu konser paling bergengsi di paduan suara mahasiswa Jakarta yang memikat hati banyak orang.

Konser Ring of Songs 2020 akan disiarkan langsung melalui YouTube dan Instagram. Di bawah bimbingan Rainier Reveireino, pengarah musik sekaligus konduktor PARAMABIRA, grup ini akan membawakan sembilan lagu dalam acara, serta satu kejutan tambahan di akhir acara. Dengan menampilkan konser secara virtual, Ring of Songs 2020 siap merangkul para penggemar musik dan dengan penuh semangat mengundang masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan secara gratis.

“Secara pribadi, tujuan saya berpartisipasi dalam konser virtual ini adalah untuk merasa terhubung satu sama lain melalui musik. Sebagai salah satu penyanyi, saya tidak bisa mengekspresikan betapa senangnya saya dalam mempersiapkan konser ini dan saya harap perasaan ini juga dirasakan oleh semua penyanyi,” kata Vincent Hartanto, Ketua PARAMABIRA.

PARAMABIRA didirikan pada 26 November 1990 sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Sebagaimana grup ini telah berusaha untuk mengolah dan menyempurnakan teknik vokal dan teknik paduan suara, grup ini telah dianugerahi beberapa prestasi nasional maupun internasional yang menjadi semangat untuk memberikan penampilan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Pada 2010, PARAMABIRA menerima penghargaan The Best Interpretation for Compulsory Song and Selection of Programme di The 24th Praga Cantat International Choir Competition and Festival. Dua tahun kemudian, juga meraih peringkat pertama kategori 1A (Renaissance), peringkat keempat kategori 1D (28th Century), peringkat kedua kategori 1C (19th Century), dan The Winner of 24th Grand Prix di Seghizzi Singing Choral Competition. Pada 2017, grup ini juga meraih peringkat kedua Equal Voices and Mixed Choirs pada 14de-IKV Maasmechelen di Belgia.