Pameran Doraemon Terbesar Hadir di Hong Kong

Wednesday, 12 June 24 Bonita Ningsih

Setelah jeda 12 tahun, merek kreatif All Right Reserved (ARR) dan Fujiko Pro kembali mempersembahkan pameran Doraemon terbesar di Hong Kong. Bertajuk “100% DORAEMON & FRIENDS” Tour, pameran ini akan diselenggarakan pada 13 Juli hingga 11 Agustus di landmark terkenal Avenue of Stars dan Tsim Sha Tsui Harbour Front.

Pameran ini menampilkan dunia Doraemon secara menyeluruh mulai dari seni manga dan film. Beberapa figur Doraemon unggulan juga akan tampil secara mengejutkan di seluruh Hong Kong, menampilkan koleksi khas 135 set figur seukuran aslinya yang sebagian besar belum pernah dipamerkan sebelumnya. 

Tak  hanya itu, pameran ini juga menghadirkan film pendek animasi orisinal yang dirancang khusus untuk Hong Kong. Terdapat juga juga gadget rahasia yang akan dimunculkan pertama kalinya dalam acara ini dengan sebutan “100% Friends-Calling Bell”. 

Gadget tersebut dapat digoyangkan untuk memanggil teman-teman yang selaras dengan tema pameran yaitu “Teman sejati selalu ada saat Anda membutuhkannya”. Oleh sebabnya, pameran ini mengundang teman-teman seluruh dunia untuk datang ke Hong Kong dan bertemu dengan Doraemon di Avenue of Stars.

BACA JUGA:   200 Karya Desainer Hadir di MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 

Tersedia ruang pameran seni manga 100% Doraemon dengan luas 10.000 kaki persegi yang dapat membawa para pengunjung ke dalam dunia Doraemon secara imersif. Di dalam 100% Doraemon Manga Art Exhibition Hall akan diputarkan film pendek animasi eksklusif yang dipesan oleh ARR, bermitra dengan tim animasi Jepang “Shin-Ei Animation” dan dirancang khusus untuk Hong Kong. 

Ruang pameran ini juga akan menampilkan ruang imersif, instalasi interaktif, hingga replika karya seni orisinil berkualitas tinggi. Terdapat juga adegan-adegan dari kisah panjang Doraemon dan film unggulan serta pajangan 17 set figur.

Lainnya, disediakan juga 100% Doraemon Sculpture Park yang memamerkan 36 buah figur Doraemon termasuk 13 figur Doraemon dari film dan 23 figur khusus. Figur khusus yang dihadirkan seperti transformasi Sweet Potato Doraemon, Wild Wolf Doraemon, bentuk gabungan Nobita dan Doraemon, serta kostum-kostum lainnya. 

BACA JUGA:   Pameran Tunggal PAST CONTINUOUS Hadir di ARTOTEL Thamrin Jakarta

Di area luar pameran juga menampilkan sesuatu yang menarik seperti instalasi balon karet Doraemon raksasa setinggi 12 meter. Tak hanya yang besar, instalasi ini juga menghadirkan 34 figur Doraemon ukuran 1:1 dari serial manga dan animasi serta 10 teman dan keluarga Doraemon. Figur dan panel komik kolosal ini menciptakan tontonan yang menakjubkan dengan latar belakang pemandangan Victoria Harbour.

Untuk memeriahkan pameran ini, Doraemon dan kawan-kawan akan bergabung dengan 13 tokoh film Hong Kong di Avenue of Stars. Dengan demikian, pameran yang menjadi rangkaian tur dunia ini bertujuan untuk mendorong pertukaran budaya antara Doraemon dan budaya film Hong Kong. 

“Setiap proyek yang SK (SK Lam, Founder ARR) wujudkan sangat kreatif. Dia selalu menyentuh banyak orang melalui proyek-proyeknya. Doraemon adalah kenangan masa kecil yang indah bagi semua orang. Jika saya memiliki kesempatan, saya juga ingin mengunjungi pameran ini secara langsung,” kata Jay Chou, aktor dan penyanyi asal Taiwan.

BACA JUGA:   Deep & Extreme Indonesia Tingkatkan Minat Masyarakat terhadap Olahraga Selam

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke lokasi pameran dapat diakses secara gratis maupun berbayar. Untuk area luar pameran yang berisikan instalasi balon karet Doraemon raksasa dapat diakses secara gratis, sedangkan area dalam pameran berbayar. Sementara itu, pengunjung yang sudah mengantongi satu tiket sudah bisa memasuki kedua area pameran tersebut dan mendapatkan pin akrilik “100% DORAEMON & FRIENDS” sebagai souvenir.