Pekan Raya Indonesia 2018 Hadirkan Coffee Area, Inspirasi Bisnis Para Penikmat Kopi

Friday, 10 August 18   8 Views   0 Comments   Harry Purnama
Pekan Raya Indonesia

Pekan Raya Indonesia (PRI), perhelatan ragam produk karya bangsa tahunan yang menjadi ajang dari Indonesia International Graha (IIG) Events, akan kembali digelar tahun ini mulai 27 September hingga 7 Oktober 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. PRI tahun ini akan menghadirkan kegiatan baru hasil kerja sama dengan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), yakni Coffee Area.

“Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara kita memiliki potensi yang begitu besar, tapi juga tantangan bisnis yang tidak kalah pentingnya untuk kita pahami dan antisipasi bersama. Berkolaborasi dengan AEKI, ini merupakan pertama kalinya Pekan Raya Indonesia menghadirkan sebuah wadah bagi para pebisnis biji kopi Tanah Air,” ujar Ryan Adrian, Presiden Direktur PT Indonesia International Expo.

“Inisiatif ini memiliki tujuan untuk dapat mengembangkan industri kopi lokal Indonesia dengan memperkenalkan lebih banyak ragam kopi kepada ratusan ribu pengunjung Pekan Raya Indonesia 2018,” ujar Ryan.

Coffee Area merupakan salah satu konsep dari perhelatan Pekan Raya Indonesia 2018, dengan menghadirkan sebanyak 30 ekshibitor kopi yang tergabung dalam AEKI. Para pengunjung dan penikmat kopi dapat mencoba beragam kopi nusantara, dan kegiatan ini akan menjadi ajang bagi para pelaku usaha di industri kopi nusantara untuk dapat mengembangkan bisnis dan menginspirasi lebih banyak penikmat kopi untuk memulai bisnisnya.

Menempati posisi lima besar sebagai produsen kopi terbesar di dunia pada musim tanam 2016-2017, Indonesia memiliki potensi komoditas kopi yang sangat bernilai sejalan dengan produksi kopi domestik Indonesia yang meningkat hingga 5 persen per tahunnya. Namun, Indonesia pun menghadapi tantangan untuk dapat terus berkembang menjadi eksportir kopi, mulai dari pengembangan kualitas tanaman untuk menghadapi pemanasan global, memperluas penyebaran area produksi, hingga menciptakan teknologi berkelanjutan untuk penanaman kopi.

“AEKI memiliki visi untuk dapat mempersatukan para pengusaha di industri kopi untuk dapat bersama-sama tumbuh dan mengembangkan potensi dari komoditas ini. Kehadiran kami di Pekan Raya Indonesia 2018 merupakan salah satu langkah nyata yang membuktikan komitmen kami untuk dapat merangkul berbagai lapisan masyarakat untuk mengetahui lebih banyak mengenai industri kopi Tanah Air,” ujar Mulyanto, pengurus AEKI.

Pekan Raya Indonesia merupakan pameran multiproduk bernuansa festival yang diadakan tahunan dengan konsep musik dan budaya, belanja, serta kuliner. Diadakan sejak tahun 2016, Pekan Raya Indonesia 2018 merupakan tahun ketiga diadakannya pergelaran ini. Tahun ini PRI menghadirkan beragam konten menarik, seperti International Indie Music Festival (IIMF) yang menghadirkan deretan penyanyi dan band indie tanah air dan internasional. Ada juga Coffee Area bersama AEKI, Clothfest, Parjo (Pasar Jongkok) untuk para pencinta otomotif, Sriwijaya Travel Fair, dan pertunjukan musik dan budaya khas Indonesia.