Selain Jakarta, Surabaya dan Bali Menjadi Target Pasar Pameran Exotic NTT

Tuesday, 19 October 21 Bonita Ningsih

Pameran wisata dan ekonomi kreatif bertajuk Exotic NTT, Flores, Beyond Your Imagination, telah berakhir digelar pada Minggu, 17 Oktober 2021. Acara perdana dari Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) berhasil mengundang masyarakat luas untuk berkunjung ke Main Atrium Mal Gandaria City.

“Tahun ini kita coba dulu masuk ke Jakarta, tetapi, ke depannya kita ingin menggelarnya di beberapa kota Indonesia,” kata Raisa Lestari Niloperbowo, Direktur Pemasaran BPOLBF.

Jakarta dipilih sebagai kota pertama untuk menyelenggarakan pameran karena memiliki aksesbilitas yang tinggi ke beberapa daerah NTT. Terdapat akses penerbangan langsung dari dan ke Labuan Bajo di Flores dengan kota Jakarta. Bahkan, beberapa maskapai nasional telah memastikan masih akan ada penerbangan dari dan ke Labuan Bajo, meskipun berada di tengah pandemi.

BACA JUGA:   LAFFestival 2018 Targetkan 12.000 Penonton

“Setelah acara selesai, kita akan evaluasi acara pertama yang di Jakarta ini. Tahun depan, kita coba di dua hingga tiga kota yang telah menjadi target pasar pariwisata dari Labuan Bajo dan Flores,” dia menambahkan.

Rencananya, kota-kota lainnya yang akan menggelar pameran ini adalah yang memiliki penerbangan langsung dari dan ke Labuan Bajo Flores. Raisa menyebutkan, ada dua daerah lagi yang memiliki aksesbilitas tersebut yakni Surabaya dan Bali.

BACA JUGA:   Catatan Akhir Tahun 2020, Menjawab Tantangan 2021

“Wisatawan memiliki concern yang tinggi terhadap aksesbilitas yang mudah untuk pergi ke suatu daerah. Makanya, kami memutuskan untuk menggelarnya pertama di Jakarta dan disusul dua kota tersebut,” ucap Raisa lagi.

Melalui pameran ini, Raisa, juga berharap semakin banyak maskapai penerbangan yang membuka jalur langsung ke Labuan Bajo dan Flores. Menurutnya, hal ini sangat membantu tingkat wisatawan yang hadir ke Labuan Bajo Flores, terutama saat pandemi.

BACA JUGA:   Berlayar Menjelajahi Taman Bumi Natuna

“Ini menjadi salah satu alat branding yang luar biasa kuat dan kita harapkan pameran ini akan menjadi annual event yang diselenggarakan oleh BPOLBF,” ungkap Shana Fatina, Direktur Utama BPOLBF baru-baru ini di Labuan Bajo.