Seminar Nasional Riset Terapan Administrasi Bisnis dan MICE Hadirkan 182 Partisipan

Tuesday, 21 July 20 Bonita Ningsih

Mahasiswa jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) berhasil menggelar Seminar Nasional Riset Terapan (SNRT) Administrasi Bisnis dan MICE ke-IX. SNRT yang diselenggarakan secara daring ini mengangkat tema “Sumber Daya Manusia Unggul Sebagai Pilar Pertumbuhan Bisnis, MICE dan Pariwisata Indonesia yang Berkualitas”.

Acara yang digelar pada 21 Juli 2020 ini berhasil menghadirkan 182 partisipan yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di Indonesia, di antaranya ialah mahasiswa PNJ, Universitas Telkom, Universitas Trisakti, Universitas Agung Podomoro, President University, Universitas pertamina, hingga Universitas Islam Nusantara.

SNRT ke-9 dibuka oleh Zainal Nur Arifin, Direktur Politeknik Negeri Jakarta. Dalam pembukaannya, Zainal mengaku bangga terhadap kinerja mahasiswa Administrasi Niaga yang mampu menyelenggarakan acara ini meskipun secara daring. Pasalnya, SNRT merupakan program rutin yang digelar setiap tahun oleh PNJ secara tatap muka.

Sesuai dengan tema acara, menciptakan SDM yang unggul menjadi sebuah perhatian khusus dalam dunia pendidikan. Selain itu, penerapan riset terapan dalam orientasi teknologi juga diperlukan saat ini mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung di berbagai belahan dunia.

Nidia Sofa, Ketua Panitia Pengarah Seminar Nasional Riset Terapan Administrasi Bisnis dan MICE ke-IX (Online), mengatakan, menciptakan SDM yang unggul juga sejalan dengan program pemerintah saat ini. Oleh karenanya, PNJ sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia harus berkontribusi langsung di dalamnya. Salah satu caranya ialah dengan mengadakan seminar daring ini dan mengundang pembicara yang kompeten di bidangnya.

“Program pemerintah saat ini memang membangun SDM yang unggul melalui hasil penelitian dan inovasi bagi industri. Oleh karenanya, kami ingin mahasiswa PNJ menjadi bagian di dalamnya dan setelah seminar ini berakhir dapat memikirkan kontribusi secara langsung,” ungkap Nidia.

Zainal juga menambahkan, diadakannya seminar daring ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan baru berupa inovasi di bidang administrasi bisnis dan MICE. Tujuannya adalah agar inovasi yang dihasilkan dari mahasiswa PNJ dapat berguna bagi bangsa dan negara.

“Ini menjadi pekerjaan rumah buat kita semua, bukan hanya mahasiswa, tetapi juga seluruh akademisi yang ada di PNJ. Sesuai dengan prinsip PNJ bahwa kami ini adalah politeknik kuat yang menguatkan,” ucap Zainal.

Seminar Nasional Riset Terapan (SNRT) Administrasi Bisnis dan MICE 2020 mengundang pelaku industri yang sudah kompeten di bidangnya, yakni Raty Ning selaku Vice President Director Pacto Convex, serta Budi Isman selaku CEO PT Mikro Investindo Utama/praktisi bisnis.