Sustainability Food Festival Dukung Gerakan Keberlanjutan Lingkungan

Friday, 10 September 21 Bonita Ningsih

Visi Grand Hyatt Bali untuk peduli terhadap keberlangsungan lingkungan masih terus dijalankan dalam jangka waktu panjang. Tiga fokus yang akan dijalankan untuk mendukung program ini adalah pengelolaan limbah makanan, pengurangan konsumsi energi, dan keberlanjutan rantai pasokan.

Bentuk komitmen lainnya yang dilakukan Grand Hyatt Bali adalah berpartisipasi dalam ajang Sustainability Food Festival. Acara yang diselenggarakan oleh Bali Hotel Association ini akan berlangsung pada 27 September hingga 16 Oktober 2021.

Sustainability Food Festival merupakan sebuah festival makanan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran gerakan menuju masa depan berkelanjutan dengan sebuah tindakan nyata. Penyelenggaraan acara ini juga menerapkan filosofi “menyediakan makanan dari sumber yang terpercaya, disajikan dengan hati-hati”.

BACA JUGA:   Food & Hotel Indonesia 2019 Dukung Indonesia jadi Barometer Sektor Kuliner dan Perhotelan

Lebih dari 25 hotel bintang 5 Bali akan berpartisipasi dalam ajang ini, termasuk Grand Hyatt Bali. Setiap hotel yang mengikuti acara ini sudah harus memiliki tindakan nyata terkait penyediaan makanan yang mengusung asas keberlanjutan lingkungan.

Saat acara berlangsung, para peserta harus menyuguhkan menu makanan yang terbuat dari bahan-bahan bersumber lokal dan bertanggung jawab. Selain itu, setiap hotel yang bergabung juga harus memiiki progra dan kegiatan pendidikan terkait dengan upaya keberlanjutan lingkungan.

Dalam hal ini, Grand Hyatt Bali, telah memenuhi syarat utama untuk mengikuti Sustainability Food Festival. Setiap harinya, hotel ini selalu berusaha menawarkan makanan sehat kepada para tamu agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik.

BACA JUGA:   Singapura Luncurkan SingapoReimagine MICE Virtual Show

Untuk menghasilkan makanan sehat, Grand Hyatt Bali bekerja sama dengan pemasok lokal yang berperan sebagai pemasok bahan-bahan. Misalnya saja saat membutuhkan makanan laut, pihak hotel akan mengunjungi usaha kecil di sana untuk menyuplai barangnya.

Selain untuk mendapatkan bahan yang segar, langkah ini dilakukan sebagai bentuk komitmennya mendukung perekonomian lokal. Bentuk kerja sama yang juga dilakukan di sini adalah mendukung opsi makanan organik atau bebas antibiotik dan mengidentifikasi opsi dengan dampak lingkungan yang rendah.

BACA JUGA:   Cara Mengikuti Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Tak hanya mengandalkan pemasok lokal, hotel ini juga menggunakan beberapa bahan makanan dari hasil kebun sendiri. Grand Hyatt Bali memiliki Chef’s Garden yang sudah ditanami beberapa sayuran dan rempah-rempah di dalamnya. Chef’s Garden terletak di halaman belakang hotel dan berdekatan dengan restoran Garden CafĂ©.