Global Tourism Forum 2021 Digelar di Indonesia Secara Hybrid

Tuesday, 14 September 21 Bonita Ningsih

Indonesia Tourism Forum (ITF) terpilih menjadi tuan rumah pagelaran Global Tourism Forum 2021 yang diselenggarakan secara hybrid. Acara yang berlangsung pada 15-16 Septemberi 2021 memilih tempat penyelenggaraan secara fisik di Hotel Raffles Jakarta.

Chairman Indonesia Tourism Forum, Sapta Nirwandar, mengatakan bahwa acara yang mengusung tema “Leaders Summit Asia” ini akan menghadirkan pembicara dari Indonesia hingga internasional. Total pembicara yang akan berpartisipasi dalam acara ini adalah 101 orang.

Global Tourism Forum merupakan bran dari World Tourism Forum Institute (WTFI) yang berkolaborasi dalam sebuah platform. Kegiatan ini difokuskan pada tantangan-tantangan yang dihadapi industri pariwisata dan perjalanan di seluruh dunia.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, acara ini diharapkan dapat memainkan peranan penting dalam menarik investasi langsung ke dalam negeri. Untuk itu, di hari pertama pelaksanaannya akan dihadirkan kegiatan Investor Roundtable dengan pembicara utama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Menurut Sapta, pembicaraan yang akan dibahas oleh Mentan Syahrul bertajuk Agro Tourism di Indonesia.

BACA JUGA:   Digelar Hybrid, MUFFEST 2021 Hadir Perdana di Yogyakarta

“Oleh sebab itu, even GTF ini menjadi sangat penting bagi Indonesia terutama dalam masa sulit seperti saat ini,” Sapta menambahkan.

Dalam penyelenggaraannya, GTF 2021, didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dukungan lain juga datang dari para asosiasi industri pariwisata seperti PHRI, Masata, JTF, ASPERAPI, INACA, dan lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku mendukung secara totalitas acara GTF 2021 yang diselenggarakan di Indonesia. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan menghadirkan perwakilan dari Kemenparekraf sebagai pembicara di dalam acara. Selain dirinya, Kemenparekraf, akan menurunkan Rizky Handayani selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan sebagai pembicara di GTF 2021.

BACA JUGA:   Bali Menjadi Tuan Rumah Acara Sketsa Seni Internasional Pertama di Indonesia

“Kami akan menjelaskan bagaimana cara kami menyiapkan pembukaan pariwisata yang dimulai di Bali, Batam, dan Bintan. Pembukaan yang dilakukan dengan mengimplementasikan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” jelasnya lagi.

Selain dilakukan untuk pembukaan pariwisata Indonesia, penerapan protokol kesehatan juga akan dilaksanakan secara baik saat acara berlangsung. Menurut Sapta, pihaknya telah mempersiapkan semuanya dengan baik sehingga diharapkan acara dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulilah sejauh ini persiapan berjalan lancar. Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia karena even akbar ini menghadirkan banyak perwakilan dari mancanegara dan dalam negeri,” ucap Sapta.

BACA JUGA:   HIMKI Gelar Roadshow Sosialisasi IFEX 2018

Sementara itu, President of Word Tourism Forum Institute, Bulut Bagci, mengaku antusias menyambut acara GTF 2021 yang digelar di Indonesia. Bulut akan menjadi salah satu perwakilan internasional yang hadir secara langsung di Jakarta.

“Ini merupakan pertama kali saya datang ke Indonesia. Semoga besok acara dapat berjalan dengan lancar dan menghadirkan banyak kesepakatan di dalamnya,” ungkap Bulut.