Tantangan Industri MICE dan Pariwisata di Era Disrupsi

Monday, 30 April 18   34 Views   0 Comments   Harry Purnama
Politeknik Negeri Jakarta

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang begitu cepat menciptakan fenomena disrupsi. Fenomena disrupsi ini merupakan perubahan yang sangat cepat dengan mengganti cara lama dengan cara baru yang lebih mudah dan inovatif, serta berdampak pada banyak bidang, salah satunya adalah terhadap industri bisnis, pariwisata, dan MICE.

Untuk itulah, mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta akan menyelenggarakan konferensi nasional bertema “Pengaruh Era Disrupsi Terhadap Bidang Administrasi Bisnis, MICE dan Pariwisata”. Seminar ini akan diadakan pada 2-3 Mei 2018 di Park Hotel, Jakarta.

Keynote speaker untuk pemakalah dosen pada hari pertama adalah Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Irlan Dilmy, MBA., Presiden Direktur Panorama Grup dan Ketua Indonesia Convention & Exhibition Bureau Budi Tirtawisata. Pada hari kedua, keynote speaker untuk pemakalah mahasiswa adalah dosen Marketing dan Entrepreneurship Politeknik Negeri Bandung Drs. Dedy Saefulloh dan Ketua Indonesia Congress and  Convention Association (INCCA) Dr. Iqbal Alan Abdullah SST. MSC. CMMC.

Terdapat 13 jenis sub-bidang yang akan diujikan, yakni bidang administrasi bisnis, keuangan, investasi, perpajakan, pameran/special event, bisnis syariah, hukum bisnis, kewirausahaan, bisnis elektronik/e-commerce, etika bisnis, komunikasi bisnis, manajemen SDM, manajemen perkantoran, manajemen kearsipan, manajemen pemasaran, manajemen hubungan masyarakat, manajemen komunikasi, manajemen operasional, manajemen logistik, manajemen risiko, pemasaran destinasi pariwisata, hospitality, perhotelan, hukum pariwisata, dan MICE.

Bagi pemakalah dosen yang paper-nya terpilih akan dipublikasikan dalam jurnal MIX, yakni ilmiah manajemen (Universitas Mercubuana) terindeks Google Scholar, Neliti, IPI, PKP Index dan SINTA. Sedangkan untuk pemakalah mahasiswa yang paper-nya terpilih akan masuk ke e-journal of tourism Universitas Udayana terindeks Google Scholar, DOAJ, IPI, SINTA, EBSCO, dan terdaftar di Scopus. Seluruh full paper pemakalah akan masuk ke e-proceeding yang ter-ISSN.