Strategi Meningkatkan Jumlah Wisatawan ke DKI Jakarta

Wednesday, 23 January 19 Herry Drajat
Jakarta Marathon 2017

Masa depan pasar pariwisata tergantung pada pemangku kepentingan di bidang pariwisata untuk  memberikan produk berkualitas tinggi yang sesuai dengan perubahan selera, kebutuhan, keinginan, dan tuntutan wisatawan lokal maupun internasional.

Dengan mengetahui persepsi wisatawan terhadap sebuah produk dan layanan pariwisata yang telah  dimiliki, maka harus dilakukan peningkatan strategi dalam pengembangan kegiatan pariwisata, seperti  bagaimana meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan kualitas tinggi. Kepuasan wisatawan atas kualitas pelayanan dan produk pariwisata yang diterima akan menyebabkan  peningkatan atau pengulangan kunjungan, ulasan positif dari mulut ke mulut, dan meningkatkan  loyalitas pelanggan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta dengan Politeknik Pariwisata Prima Internasional melakukan penelitian berjudul “Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Strategi Dalam Menarik Kunjungan Wisman ke DKI Jakarta”. Penelitian itu memberikan beberapa kesimpulan dan rekomendasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta.

BACA JUGA:   Asa Perusahaan MICE di Tangan Generasi Kedua

Dari hasil riset yang dilakukan, diketahui bahwa tujuan utama wisatawan berkunjung ke Jakarta umumnya untuk rekreasi dan perjalanan bisnis. Salah satu hal yang mendorong wisatawan untuk  berkunjung ke DKI Jakarta adalah suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018, terbukti dengan 61 persen responden mengatakan berkunjung ke DKI Jakarta karena suksesnya Asian Games 2018 di Indonesia.

Kemudian, mengenai akan kembalinya mereka berwisata ke Jakarta adalah karena terdapat pilihan  aktivitas yang beragam yang dapat dilakukan, dan spot-spot berfoto yang menarik. Dari pengalaman kunjungan tersebut mereka akan merekomendasikan pada teman maupun keluarganya untuk berwisata ke DKI Jakarta adalah karena adanya persepsi yang positif, yaitu kemudahan akses ke destinasi wisata  dan kemudahan mendapatkan sarana transportasi.

BACA JUGA:   Menangkap Pasar Virtual dan Hybrid Event

Rekomendasi yang dihasilkan oleh penelitian tersebut yang bertujuan meningkatkan kedatangan turis mancanegara di antaranya adalah memperbanyak promosi melalui iklan di media sosial, baik melalui  Twitter, Instagram, Facebook, dan media lainnya. Mengingat pola wisatawan saat ini yang umumnya  adalah pengguna aktif media sosial sehingga untuk menarik pengunjung kembali ke DKI Jakarta maka  sebaiknya menambah spot-spot foto yang menarik dan unik yang lebih instagramable.

Selain itu, pemerintah DKI Jakarta juga perlu melakukan perbaikan sistem transportasi dengan membuat kebijakan untuk mengatasi kemacetan, terutama pada jalan-jalan menuju dan dari lokasi wisata; memberikan tawaran paket-paket wisata menarik, terutama paket wisata yang bersifat private trip dan open trip; mengadakan event festival budaya, terutama mengangkat budaya DKI Jakarta; dan mengadakan  event olahraga  internasional dengan memanfaatkan sarana prasarana yang telah dibangun untuk Asian Games.