Agoda Mengungkap Waktu Paling Tepat Untuk Mendapatkan Hotel Murah

Monday, 26 October 15 Venue

Agoda.com, layanan pemesanan hotel online, telah mengungkapkan kapan waktu paling tepat untuk mendapatkan hotel murah bagi para wisatawan. Dalam penelitian yang berjudul “Travel Smart Study”, Agoda menganalisis harga hotel yang dipesan melalui Agoda.com sepanjang tahun 2014 di 25 destinasi paling populer di seluruh dunia.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa di mayoritas destinasi wisata, waktu paling tepat untuk memesan kamar hotel adalah pada awal tahun. Harga rata-rata sebuah kamar hotel pada dua minggu pertama bulan Januari umumnya di bawah harga rata-rata. Hal itu terjadi di 22 dari 25 sampel destinasi wisata. Meskipun para wisatawan tidak menganggap bahwa bulan September dan Oktober sebagai high season, tapi kenyataannya pada kedua bulan tersebut harga kamar hotel cenderung paling mahal.

Untuk destinasi di Eropa, pertengahan Maret adalah saat yang paling tepat untuk memesan hotel karena paling murah. Harga kamar hotel di Paris, Berlin, Roma, Amsterdam, Barcelona, Stockholm, dan London 20 persen lebih murah dibandingkan biasanya. Bulan Juli dianggap sebagai high season di beberapa destinasi, tapi harga kamar hotel di Sydney dan New York justru lebih murah pada bulan ini.

Di Asia, harga hotel di destinasi wisata populer cukup konsisten sepanjang tahun, dan hanya sedikit yang memberikan diskon cukup besar. Misalnya, di Hong Kong diskon terbesar hanya 11 persen pada bulan Mei atau Juni.

Di Bangkok, harga kamar hotel termurah ditemukan pada bulan Juni dan Oktober, sementara itu di Singapura adalah pada bulan Mei, Taipei di bulan Juli dan September, Kuala Lumpur di bulan Oktober, dan Hanoi di bulan Agustus dan Desember. Sementara itu, di Seoul, harga hotel termurah adalah pada bulan Januari, sedangkan Tokyo pada bulan September.

“Bagi banyak wisatawan, harga merupakan faktor penting dalam menentukan akan pergi ke mana dan kapan. Data ini kami harap dapat membantu wisatawan untuk menghemat uang mereka,” ujar John Brown, Chief Operating Officer Agoda.com.

Penelitian tersebut mengambil data pada 2014, tapi perayaan hari libur nasional seperti Tahun Baru Cina dan Idul Fitri juga cukup memengaruhi harga kamar hotel. (Baca juga: Habitat Baru di Holiday Inn Jakarta Kemayoran)

Penulis: Harry Purnama