Archipelago International Ditunjuk Mengelola Wisma Atlet Asian Games 2018

Thursday, 16 August 18 Harry Purnama
Archipelago International

Archipelago International telah ditunjuk oleh INASGOC (panitia penyelenggara Asian Games) sebagai operator Wisma Atlet di Jakarta dan Palembang. Wisma Atlet Asian Games 2018 menyediakan akomodasi untuk lebih dari 16.000 atlet yang tersebar di dua Wisma Atlet. Terdapat 6.000 kamar di Jakarta dan lebih dari 1.000 kamar di Palembang.

Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh INASGOC dan perencanaan untuk manajemen dan pengawasan yang efektif bagi Wisma Atlet untuk acara dengan skala sebesar ini memiliki tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan Wisma Atlet berada di dua kota berbeda. Untuk mengatasi hal tersebut, Archipelago International memanfaatkan bantuan dan keahlian lebih dari 600 staf, personel pendukung, tim logistik, serta personel IT dan pemrograman untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan semua tamu yang menginap di Wisma Atlet.

John Flood, Presiden dan CEO Archipelago International, mengungkapkan kegembiraannya karena berhasil terpilih sebagai penyedia akomodasi bagi para atlet dari sekitar 45 negara selama perhelatan Asian Games. Ia juga bersyukur atas dukungan dari INASGOC dan semua pihak yang terlibat sejauh ini.

“Kami sangat senang karena bisa menjadi bagian dari sejarah. Bekerja sama dengan INASGOC dan berbagai departemen dalam pemerintahan memberikan kegembiraan sekaligus pengalaman yang luar biasa. Setiap orang benar-benar fokus dan berkomitmen penuh untuk menyukseskan acara ini dan membuat Indonesia bangga,” ujar Flood.

“Kami semua bekerja sama demi menjadikan Wisma Atlet tempat yang baik untuk menginap – aman, nyaman, dan menyenangkan – sesuatu yang akan diingat para atlet seumur hidupnya. Beberapa atlet sudah merasa menang karena berhasil mendapatkan tempat di tim nasional dan mengikuti pertandingan sehingga mereka ingin menyerap lebih banyak atmosfer pertandingan. Namun, bagi beberapa atlet, meraih podium adalah satu-satunya hal di pikiran mereka,” ujar Flood.

Terdiri atas asrama, ruang makan, dan ruang tunggu, Wisma Atlet adalah sebuah tempat untuk mempersiapkan momen penentuan dalam kehidupan para atlet sekaligus tempat untuk bersantai dan berinteraksi dengan berbagai orang sebelum atau di antara kompetisi. Lingkungan seperti itulah yang coba Archipelago International rencanakan.

Archipelago International memiliki portofolio terbesar di Indonesia dengan lebih dari 135 hotel (18.000 kamar) dan 100 properti baru yang sedang dalam pengembangan di seluruh Indonesia, Karibia, Filipina, Arab Saudi, dan Malaysia. Dengan lebih dari 18.000 kamar dan 9 merek di lebih dari 55 kota, Archipelago International memiliki beberapa merek hotel, di antaranya NOMAD, favehotel, Hotel NEO, Quest Hotel, HARPER, ASTON, the Alana, Aston Heritage Collection, dan Kamuela.