Artotel Group Kerja Sama dengan Sinar Mas Land Kelola Brand Hotel Rooms Inc.

Friday, 09 August 19 Bonita Ningsih
Rooms Inc

Artotel Group mengumumkan kerja sama joint venture bersama Sinar Mas Land. Kerja sama ini dalam bentuk pengelolaan brand hotel Rooms Inc. yang sebelumnya sudah dikelola oleh Sinar Mas Land.

Untuk memperkuat kerja samanya, Artotel Group dan Sinar Mas Land membentuk satu perusahaan gabungan atas nama PT Sinar Artotel Indonesia (SIA). Erastus Radjimin, CEO Artotel Group, mengatakan, kerja sama ini berawal dari pembicaraannya dengan petinggi Sinar Mas Land terkait industri hospitality. Di bawah perusahaan ini, ia berharap dapat mengembangkan brand hotel Rooms Inc. yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Tentu sangat kami syukuri dan banggakan bahwa perusahaan besar seperti Sinar Mas Land ini sudah melihat sepak terjang hotel kami sebagai satu-satunya manajemen hospitality di Indonesia yang berhasil memadukan industri hospitality dengan kreativitas,” ujar Erastus.

Sementara itu, Alphonzus Widjaja selaku CEO Retail & Hospitality Sinarmas Land, mengungkapkan, kerja sama ini sebagai salah satu cara perusahaannya untuk mengembangkan bisnis hotel Rooms Inc. yang dimiliki Sinar Mas Land. Menurutnya, selama ini hotel Rooms Inc. hanya digunakan untuk keperluan perusahaannya saja sehingga masih dikelola secara pribadi.

“Rooms Inc. pertama kita buat di Semarang pada September 2017 dan hanya dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri saja terkait proyek yang kita miliki. Tapi, sejalannya waktu ternyata Rooms Inc. ini mendapatkan respons sangat baik dan positif. Lalu, kita berpikir kenapa tidak dikembangkan saja hotel ini menjadi sebuah bisnis,” ujar Alphonzus.

Alphonzus menjelaskan, kerja sama antara Artotel Group ini dilandasi dengan prinsip yang sejalan. Konsep hotel Rooms Inc. yang mengusung gaya hidup urban dan modern sangat sesuai dengan konsep yang ditawarkan Artotel Group sebagai hotel butik dan lifestyle.

“Kalau dilihat-lihat, Artotel ini sejiwa dengan Rooms Inc. Berjiwa muda dan milenial, makanya kita lakukan kerja sama ini agar Rooms Inc. dapat tersebar di seluruh Indonesia,” ucapnya lagi.

Saat ini, hotel Rooms Inc. telah beroperasi di kota Semarang dengan menampilkan fasilitas hotel yang stylish dan trendi. Di sana juga sudah dilengkapi dengan aplikasi teknologi terkini sehingga cocok untuk target market yang dituju, yakni kaum milenial.

Hotel yang terletak di bagian atas DP Mall Semarang ini memiliki 162 kamar bergaya urban dan modern. Fasilitas lain yang ditawarkan ialah ruang pertemuan yang stylish, ruang khusus hiburan seperti playroom, digital hub, gymnastic, serta rooftop dengan pemandangan indah kota Semarang.

Alan Yuslan, General Manager Hotel Rooms Inc. Semarang, mengatakan, pemandangan yang dapat dilihat dari rooftop ialah bangunan bersejarah Lawang Sewu. Menurutnya, jarak hotel dengan Lawang Sewu hanya 300 meter sehingga para tamu dapat dengan mudah melihat indahnya bangunan Lawang Sewu pada malam hari.

“Hotel kita pokoknya sangat instagramable banget, jadi cocok untuk foto-foto dan selfie. Apalagi, sekarang banyak kaum milenial yang bikin vlog, jadi cocok kalau datang ke sini,” kata Alan.

Dengan dioperasikannya Hotel Rooms Inc. Semarang, saat ini Artotel Group memiliki multi-brand yang mencakup semua segmen pasar hotel butik atau lifestyle, mulai dari kelas menengah atas hingga menengah ke bawah. Oleh karenanya, Erastus berharap bisnis Artotel Group akan terus berkembang dan memiliki lebih dari 50 hotel di tahun 2022.