ARTOTEL Thamrin – Jakarta Bersama SAL Project Gelar Pameran Grup Fotografi

Wednesday, 09 August 23 Bonita Ningsih

Sebagai hotel yang mengusung konsep seni, ARTOTEL Thamrin – Jakarta mempersembahkan pameran grup fotografi berjudul ‘SUPPOSES’. Bekerja sama dengan SAL Project, pameran ini digelar di ARTOTEL ARTSpace mulai tanggal 5 Agustus hingga 30 September 2023.

Dalam pameran fotografi kali ini, SAL Project, memperkenalkan empat seniman fotografi yaitu Adi Putra, Aulia Yeru, christina Phan, Vicky Tanzil. Ke-empat seniman ini mengadopsi fotografi secara ekstensif sepanjang karir mereka masing-masing. Sebagian besar penggunaannya dalam konteks estetika dan komersil. 

Pameran grup ini juga menawarkan kesempatan untuk melihat dalam sisi berbeda dan praktik mereka. Dalam visualisasinya juga, mereka menjelajah area yang jarang terlihat dalam keadaan biasa dan ini adalah potensi media fotografi baik dari segi teknik maupun dari jenis tata bahasa visual yang digunakan.

BACA JUGA:   Swiss-Belresidences Rasuna Epicentrum Tawarkan Paket Buka Puasa Seharga Rp249.999

Pemilihan karya dari keempat fotografer tersebut dilakukan oleh Andy Dewantoro yang ditunjuk sebagai kurator pameran. Nama Andy sudah tak asing di dunia seni rupa Indonesia karena merupakan salah satu seniman mapan tanah air yang sudah diakui eksistensinya. 

SUPPOSES (perkiraan atau andaikan) sendiri mengangkat isu tentang kurangnya apresiasi terhadap pameran foto di Indonesia. Selama ini, sebagia besar karya para seniman fotografi lebih banyak diminati dalam bentuk media kanvas. 

BACA JUGA:   Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran Rayakan Hari Bumi dengan Penanaman Mangrove

Namun, lewat pameran SAL Project kali ini, dapat memperlihatkan praktik berkarya para seniman fotografi yang memang layak difoto. Lebih dari itu, pameran ini juga membuka peluang bagi seniman fotografi agar karyanya dapat dijadikan koleksi oleh masyarakat umum.

“Sebagai pemilik tunggal galeri SAL Project, ini merupakan kolaborasi yang tepat dalam membawa seniman fotografi kontemporer bagi masyarakat luas khususnya di ruang publik yang kami tampilkan di ARTOTEL ARTSpace, ARTOTEL Thamrin – Jakarta,” kata Windi Salomo, ART Director ARTOTEL Group.