AYANA Midplaza Jakarta Segera Lakukan Work From Home

Monday, 23 March 20 Bonita Ningsih
ballroom ayana midplaza jakarta

Penyebaran virus corona atau covid-19 sudah semakin masif di Indonesia. Berbagai dampak telah dirasakan masyarakat Indonesia, khususnya kesehatan. Tak hanya itu, dampak ekonomi juga menjadi momok terbesar yang tengah dihadapi bangsa Indonesia.

Sebagai salah satu hotel bintang 5 yang berada di kawasan Jakarta Selatan, AYANA Midplaza Jakarta merasakan penurunan bisnis di hotelnya. Penurunan ini sejalan dengan anjloknya sektor pariwisata Indonesia yang diakibatkan dari penyebaran virus covid-19.

“Seluruh sektor industri termasuk pariwisata pasti merasakan hal tersebut, jadi sudah bisa dipastikan semua bisnis mengalami penurunan,” kata Ferdy Thaeras, Director of Public Relations AYANA Midplaza Jakarta.

Melihat kondisi tersebut, AYANA Midplaza Jakarta melakukan sejumlah strategi efisiensi untuk mengurangi dampak ekonomi dan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari virus ini. Sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus covid-19 ialah dengan mengatur jam kerja, schedule hari kerja, dan pelaksanaan Work From Home (WFH) bagi seluruh karyawan hotel.

Menurut Ferdy, pelaksanaan WFH sebagai salah satu langkah untuk mengikuti imbauan dan arahan dari pemerintah Indonesia. Cara ini dinilai ampuh untuk mengurangi keramaian di beberapa titik ibu kota sehingga dapat membatasi penularan virus covid-19.

“Ini usaha kami untuk mendukung memutuskan rantai penyebaran virus covid-19. Dengan begitu, kita bisa menjaga atau menghindari kontak sosial secara fisik,” ujarnya lagi.

Saat ini, kebijakan WFH sudah masuk ke proses aktualisasi dan sosialisasi kepada seluruh staf hotel. Menurut Ferdy, saat ini pihaknya tengah menganalisis terlebih dahulu divisi dan departemen mana saja yang memungkinkan untuk bekerja dari rumah. Jika sudah selesai dilakukan, pihak hotel baru akan memberlakukan kebijakan WFH bagi seluruh stafnya.

“Hingga saat ini, kita masih belum WFH karena masih melakukan simulasi terkait pembagian tugas dan kerjaannya jika dilakukan di rumah,” ucapnya.

Belum terlaksananya WFH lantaran industri perhotelan menuntut setiap karyawannya untuk selalu ada di dalam hotel. Menurutnya, sebagian besar kegiatan operasional hotel harus dilakukan stafnya di dalam hotel. Memberikan pelayanan terbaik bagi tamunya merupakan bentuk tanggung jawab besar bagi seluruh staf hotel.

Oleh karenanya, untuk mengurangi risiko yang terjadi di dalam hotel, pihak hotel akan menerapkan sistem pembagian dua grup. Grup pertama akan tetap bekerja di hotel, sementara grup kedua yang bekerja di rumah. Kedua grup ini akan mendapatkan jadwal secara bergantian sehingga semua staf bisa merasakan bekerja di rumah dan di hotel.

Jika WFH sudah diberlakukan, Ferdy meyakini, produktivitas para staf akan tetap terjaga. Terintegrasi dengan dukungan sistem IT, seluruh staf akan terkoneksi satu sama lain sehingga seluruh pekerjaannya dapat terkontrol dengan baik. Para staf juga diminta siaga jika diminta untuk membantu pekerjaan di dalam hotel.

“Proses kerja maupun komunikasi pun dipastikan tetap lancar agar tidak ada pekerjaan yang terhambat. Mereka bekerja juga di bawah pengawasan pihak hotel,” dia menambahkan.

Kepedulian AYANA Midplaza Jakarta terhadap karyawannya juga dilakukan kepada seluruh tamu hotel. Hotel yang memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para tamu dan staf ini akan melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19.

Beberapa waktu lalu, hotel ini sudah melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap virus covid-19 sesuai arahan Dinas Kesehatan dan juga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Prosedur ini ditujukan bagi para tamu, karyawan hotel, dan semua orang termasuk para vendor yang akan memasuki lingkungan hotel.

(Baca juga: Tips Antisipasi Virus Corona dari Ayana Midplaza Jakarta)

AYANA Midplaza JAKARTA melakukan pencegahan masuknya virus Corona maupun penyebarannya dengan cara yang tertata, terukur, dan konsisten. Hal ini akan terus dilakukan AYANA Midplaza Jakarta agar pekerjaan seluruh staf tetap produktif.

Menurutnya, jika nanti kebijakan WFH sudah dapat terlaksana, seluruh staf yang diminta untuk bekerja di hotel harus mematuhi langkah-langkah antisipasi yang diterapkan hotel. Manajemen hotel telah mengimbau seluruh staf menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Pengecekan temperatur tubuh sebelum memasuki area hotel, mencuci tangan, menggunakan masker kesehatan, dan menggunakan cairan disinfektan akan terus kami lakukan di AYANA Midplaza JAKARTA,” dia menambahkan.