AYANA Resort Bali Hadirkan Tiga Menu Khusus Dalam Acara Sustainable Food Festival

Tuesday, 05 October 21 Bonita Ningsih

AYANA Resort Bali berpartisipasi dalam acara Sustainable Food Festival yang digelar pada 27 September hingga 16 Oktober 2021. Festival makanan berkelanjutan ini merupakan persembahan dari Bali Hotels Association (BHA) untuk menghasilkan lingkungan yang lebih baik.

Mengusung tema “Sustainable Cuisine for a Better Living”, acara ini telah berhasil mengajak puluhan hotel berkelas di Bali untuk berpartisipasi di dalamnya. Pembukaan festival ini bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia dan akan ditutup pada 16 Oktober sebagai Hari Pangan Sedunia.

Setiap peserta yang berpartisipasi harus menunjukkan inisiatifnya dalam menciptakan berkelanjutan lingkungan selama mengoperasikan hotelnya. Tiap hotel juga harus mengimplementasikan elemen-elemen kunci seperti menggunakan bahan makanan bersumber 100 persen dari Indonesia hingga mendorong penggunaan tanaman organik minimal 75 persen. Selain itu, harus menghormati prinsip-prinsip perdagangan yang adil, memastikan semua produk makanan laut harus disertifikasi berkelanjutan dan unggas yang bebas berkeliaran.

BACA JUGA:   Spring Festival Hadir di Atria Hotel Gading Serpong

Untuk itu, tim kuliner AYANA mulai menyediakan makanan sesuai dengan pendekatan-pendekatan di atas agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik. Penyediaan makanan dengan konsep berkelanjutan dapat dinikmati melalui Sami Sami Restaurant, sebuah restoran bergaya Italia yang terletak di tebing menghadap Samudra Hindia.

Dalam hal ini, koki restoran telah menghadirkan tiga menu hidangan khusus untuk mengikuti festival tersebut. Menu yang dihadirkan mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, hingga penutup.

Makanan pembuka yang dihadirkan berupa salad Tartare di Pesce dengan perpaduan ikan filet singaraja barramundi, lemon, dan bumbu bawang putih. Untuk sayurannya ada vinaigrette jeruk Kintamani, lobak merah Bedugul, atau bunga zucchini yang disajikan dengan keju Scamorza dan saus tomat.

BACA JUGA:   Topotels Hadirkan Hotel Ayola First Point

Pilihan hidangan utamanya adalah Petto di Pollo Agli Agrumi yang berbahan dasar dada ayam kampung. Makanan ini disajikan dengan saus herba lokal, labu, kacang panjang, hingga wortel. Selain itu ada Dentice di Padella berisikan ikan kakap merah Jimbaran yang ditumis dengan saus tomat dan disajikan dengan sayuran hijau.

Sedangkan, hidangan penutup yang dihadirkan adalah Wild Berries Panna Cotta. Hidangan ini disajikan dengan gelato stroberi, dan lokal berry coulis. Ada pula Delizia al Limone yang merupakan sebuah kue lemon organik ala AYANA.

BACA JUGA:   Ctrip Menandatangani MOU dengan AccorHotels

Semua bahan yang digunakan merupakan hasil panen dari tanaman organik dan peternakan yang dimiliki AYANA. Bagi masyarakat yang ingin menikmatinya dapat langsung datang ke Sami Sami Restaurant selama festival berlangsung.

Harga ketiga menu tersebut ditawarkan dengan Rp350.000 net dengan bonus pemandangan alam yang indah dari Sami Sami Restaurant. Pemesanan juga dapat melalui WhatsApp +62 361 702222 atau menghubungi langsung AYANA Resort Bali.