Kamala Resort, Hotel Baru di Kawasan Poltekpar Bali 

Monday, 31 July 23 Bonita Ningsih

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali kini memiliki hotel sendiri untuk praktik para mahasiswanya dengan nama Kamala Resort. Hotel ini diresmikan secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pada tanggal 26 Juli 2023.

Berada di kawasan Poltekpar Bali, Sandiaga berharap Kamala Resort dapat menjadi tujuan utama untuk praktik mahasiswa. Selain itu, hotel ini dapat memperkuat peran dari Poltekpar Bali dalam upaya penciptaan sumber daya manusia unggul dan kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Hotel ini harus menjadi center of excellence, pabriknya’ SDM pariwisata terbaik Indonesia,” kata Sandiaga dalam siaran persnya.

Menurut Sandiaga, kehadiran Kamala Resort juga diharapkan dapat meningkatkan hospitality para mahasiswa sebelum nantinya terjun langsung ke lapangan. Sandiaga menganggap hospitality menjadi salah satu keunggulan dan ciri khas dari SDM juga masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:   Ekonomi Negara Berkembang di Asia akan Cepat Pulih

“Oleh karenanya saya berharap pembelajaran dan juga layanan yang diberikan di sini harus secara maksimal,” Sandiaga menambahkan.

Direktur Utama Poltekpar Bali, Ida Bagus Putu Puja, menjelaskan Kamala Resort merupakan salah satu bentuk wahana atau sarana yang akan dipakai sebagai praktik mahasiswa secara terpadu dan terintegrasi. Nantinya, proses pembelajarannya akan dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa terutama mahasiswa di jurusan hospitality.

“Tempat ini juga memberikan kesempatan kepada adik-adik di Sekolah Menengah Kejuruan atau sederajat untuk bisa melakukan proses praktik kerja di hotel ini,” ungkap Putu Puja.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Akan Lakukan Digitalisasi Untuk Perizinan Event 

Untuk menunjang sarana pembelajaran, Kamala Resort juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti restoran, meeting room, kolam renang, hingga rooftop. “Semuanya dirancang sesuai dengan kegiatan praktikum dari mahasiswa,” ucap Putu Puja.

Tak hanya sebagai hotel praktik, Kemala Resort, juga akan dibuka untuk umum. Terdapat 51 kamar disediakan yang terdiri dari President Suite, superior, deluxe, dan executive. Masing-masing kamar dirancang dengan pemandangan menarik di dalamnya.

Para tamu hotel berkesempatan mendapatkan pemandangan yang luas baik sunrise ataupun sunset. Hotel ini juga memiliki pemandangan berupa Tol Bali Mandara yang berada di batas laut sebagai latar. Sepanjang waktu, tamu juga bisa menyaksikan pesawat berlalu lalang di angkasa sekitar Bandar Udara Internasional Ngurah Rai untuk take off maupun landing.

“Kalau pagi hari kita juga bisa melihat gunung-gunung di kejauhan. Jadi kalau untuk view hotel ini bisa bersaing di industri hospitality,” ujar Sandiaga.