IFBEC Banten dan Atria Hotel Gading Serpong Gelar Kompetisi Bartender

Tuesday, 08 August 23 Bonita Ningsih

Indonesian Food & Beverage Executive Association Provinsi Banten (IFBEC Provinsi Banten) bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Provinsi Banten (PHRI Provinsi Banten) menggelar kompetisi bartender di Atria Hotel Gading Serpong pada 5 Agustus 2023. Acara yang digelar untuk pertama kalinya ini mengusung tema Local Pair Mixologist.

Acara ini hadir sebagai upaya memperkenalkan bahan-bahan tradisional Indonesia dan meningkatkan kompetensi seluruh peserta yang turut dalam mengembangkan dunia pariwisata. Acara ini sekaligus untuk merayakan hari ulang tahun IFBEC Provinsi Banten yang ke-7 pada Agustus ini.

GS Ashok Kumar, Ketua BPD PHRI Banten, mengatakan bahwa kegiatan ini bukan bersifat perlombaan saja, tetapi, ada manfaat lain di dalamnya. Acara ini dapat dimanfaatkan untuk berbagi ilmu mengenai cara meracik minuman yang bisa dibagikan oleh masing-masing peserta saat menampilkan minuman terbaiknya. 

BACA JUGA:   Sektor Hotel dan Restoran Rasakan Dampak Covid-19 Hingga 6 Bulan Mendatang

“Dengan harapan dapat diterapkan sisi kreativitasnya dengan baik untuk menyajikan minuman yang sangat bervariasi dan bisa dinikmati di semua generasi,” kata Ashok.

Kebanyakan peserta yang mengikuti kompetisi ini berasal dari profesional dan individual yang tertarik dengan profesi bartender. Terdapat 28 orang peserta mengikuti kompetisi ini yang berasal dari wilayah Tangerang dan Jakarta. 

Sejak babak penyisihan, juri sudah mendapatkan 6 orang yang akan ditantang untuk mengkreasikan minuman dengan bahan yang sudah disiapkan panitia. Nantinya, para juri akan memilih tiga peserta terbaik untuk menjadi pemenang. 

BACA JUGA:   IFRA 2023 Gandeng Bank Mandiri Untuk Permudah Usaha Pelaku Waralaba

“Bartender bukan semata mencampur segala macam minuman dengan bahan yang ada, namun pencampuran itu harus memiliki tujuan dan cerita. Begitu pula dengan cara penyampaian dan juga presentasi dari minuman yang menjadi poin penilaian kami,” ujar Andrew, salah satu juri pada kompetisi tersebut.

Ramos Nenggo keluar sebagai juara pertama yang menjadi perwakilan Golden 8 Bar Pantai Indah Kapuk. Lalu juara 2 ada Kristiyawan Radityo Swasti sebagai perwakilan dari Atria Hotel & Residences Gading Serpong dan Juara 3 ditempati Fajri Ramadoni perwakilan dari The Hermitage, A Tribute Portfolio Hotel Jakarta. Kreasi yang dihadirkan merupakan campuran bahan lokal khas indonesia yang dipadukan dengan minuman modern.

BACA JUGA:   The Smile Behind PP Hospitality, Semangat Pelayanan dari PP Hospitality

“Kita bekerja sama dengan IFBEC dan PHRI, ingin menunjukan bahwa bahan-bahan tradisional juga dapat dikreasikan menjadi minuman modern dan tentunya juga dapat menambah nilai dari minuman tersebut, karena bahan tradisional juga dianggap memiliki banyak manfaat dan juga banyak ragam cerita menarik yang bisa diangkat dari bahan-bahan tersebut,” ucap Wahyono, Cluster General Manager Atria Hotel & Residences Gading Serpong.