Jambuluwuk Hotels & Resorts Segera Hadir di IKN dengan Mengusung Etnik Lokal

Monday, 03 July 23 Bonita Ningsih

Jambuluwuk Hotels & Resorts mengumumkan komitmennya dalam mengembangkan perhotelan etnik lokal di Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia. Komitmen ini dibuktikan dengan melakukan penandatanganan kesepakatan antara PT Arcshouse Wisata Indonesia bersama PT Bina Karya (Persero) pada tanggal 26 Juni 2023 silam. 

“Ini menjadi sebuah langkah penting bagi kami karena sudah sesuai dengan visi dan misi dari Jambuluwuk Hotels & Resort. Kami siap hadir di IKN dengan pengalaman menginap yang luar biasa,” ujar Wiraseno, Direktur utama dari Jambuluwuk Hotels & Resorts. 

Kehadiran Jambuluwuk Hotels & Resorts di IKN nantinya sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan kekayaan dan budaya dari tradisi lokal. Pasalnya, hotel akan dibangun dengan memadukan elemen etnik lokal yang dituangkan dalam desain bangunan. 

Desain tersebut akan mencerminkan kehidupan budaya yang kaya dan unik di daerah tersebut. Dengan demikian, tamu hotel akan dapat menikmati pengalaman yang mendalam sambil menikmati standar kenyamanan dan pelayanan yang tinggi. 

BACA JUGA:   Pullman Ciawi Menghidupkan Nostalgia Jawa Tempo Doeloe

Dalam membangun perhotelan etnik lokal di Jambuluwuk Hotels & Resorts, pihaknya akan berkolaborasi dengan komunitas lokal untuk tetap menjaga keberlanjutan warisan budaya. Langkah ini juga dilakukan untuk memberikan peluang ekonomi yang merata bagi semua pihak dan mendukung visi pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Di IKN, kami akan memberikan fasilitas berupa restoran hingga meeting room berkualitas bagi para tamu. Kami hadir untuk ikut membangun IKN dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” Wiraseno menambahkan. 

Pembangunan Jambuluwuk Hotels & Resorts juga akan mendukung komitmen IKN sebagai smart city yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, hotel akan dilengkapi dengan teknologi terkini yang memastikan efisiensi energi dan penggunaan sumber daya yang bijaksana. 

“Kami akan mengadopsi praktik ramah lingkungan dan bertanggung jawab dalam operasional hotel, dengan fokus pada pengurangan emisi karbon dan pengelolaan limbah yang efektif. Selain itu, kami akan melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan lingkungan dan program keberlanjutan, sehingga turut berkontribusi pada kesejahteraan dan keberlanjutan daerah,” jelasnya lagi. 

BACA JUGA:   ARTOTEL Group Kembangkan Bisnis ke Asia Tenggara Bersama Far East Hospitality

Boyke Prasetyanto, Direktur Utama PT Bina Karya (Persero), mengucapkan terima kasih kepada Jambuluwuk Hotels & Resorts karena telah ikut berpartisipasi dalam berinvestasi di IKN. Menurutnya, kehadiran Jambuluwuk Hotels & Resorts merupakan sebuah kesepakatan bersama untuk mendukung pembangunan IKN yang saat ini tengah berjalan.

“Pembangunan IKN saat ini sudah ada di tahap pemasangan kabel listrik, air, limbah, dan lain sebagainya. Hotel ini sebagai salah satu fasilitas pendukung di IKN yang nantinya juga akan ditunjang dengan pembangunan rumah sakit, apartemen, mol, dan lainnya,” ucap Boyke. 

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT Bina Karya (Persero), Bondan Pristiwandana, menyambut baik kerja sama ini karena menganggap Jambuluwuk Hotels & Resorts sebagai salah satu brand lokal terbaik dan berkualitas. Nantinya, Jambuluwuk Hotels & Resorts akan menghadirkan hotel bintang 4 yang berkualitas di ibu kota negara (IKN) baru Indonesia. 

BACA JUGA:   Harper Cikarang Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Lebih lanjut Bondan mengatakan, pembangunan Jambuluwuk Hotels & Resorts rencananya akan dimulai pada bulan Agustus 2023 setelah menyelesaikan perizinan lahan. Targetnya, hotel di bawah naungan Jambuluwuk Hotels & Resorts akan diselesaikan pada Juli 2024.

“Pokoknya, sebelum 17 Agustus 2024 pembangunan hotel sudah harus selesai. Selain Jambuluwuk Hotels & Resorts, sudah ada tiga hotel lainnya yang ingin berinvestasi di IKN dan ke depannya akan terus bertambah mengikuti perkembangan yang ada,” ungkap Bondan.