Meski Zona Merah, Surabaya Akan Memiliki Dua Hotel Baru

Friday, 25 September 20 Bonita Ningsih
Destinasi MICE

Berdasarkan hasil penelitian oleh Colliers International Indonesia, diketahui bahwa pada semester kedua tahun 2020 akan ada pembukaan dua hotel baru di Surabaya. Satu hotel baru rencananya akan diresmikan pada kuartal ketiga 2020 dengan lokasi di Surabaya bagian barat, sedangkan satu hotel lainnya akan dibuka pada kuartal keempat 2020 dengan lokasi di Surabaya bagian timur. Kedua hotel tersebut merupakan hotel bintang lima dari jaringan hotel terkemuka.

“Kami harap keduanya dapat diluncurkan di semester kedua 2020 ini. Tetapi, pembukaan hotel baru ini bukan berarti menunjukkan bahwa situasinya akan membaik dari sebelumnya,” ujar Ferry Salanto, Head of Research Colliers International Indonesia.

Kedua hotel baru ini akan menyediakan total 404 kamar sehingga dapat menunjang banyak kegiatan wisata dan perjalanan bisnis nantinya. Saat ini, hotel di Surabaya telah memiliki pasokan kamar sebanyak 13.902 buah dan akan bertambah menjadi 14.306 kamar jika kedua hotel tersebut rilis di tahun ini.

Ferry mengatakan, jika kedua hotel tersebut dapat dibuka pada semester kedua, akan ada penyesuaian desain interior di dalamnya. Desain hotel akan diatur dengan aturan protokol kesehatan, seperti pemberian tanda atau simbol di lantai hingga memasang pembatas di area yang berhadapan langsung dengan staf hotel.

“Pandemi ini tidak hanya berdampak terhadap pasarnya, tetapi juga mengubah beberapa desain di dalamnya. Area dalam hotel yang dinilai sebagai ruang publik harus didesain ulang komponennya agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19,” ucapnya lagi.