Parkside Nuansa Maninjau Resort Menandai Kehadiran Manajemen Hotel Baru di Indonesia

Tuesday, 05 March 19 Harry Purnama
Parkside Nuansa Maninjau Resort

Parkside Hotels & Resorts menandai kehadirannya di Indonesia dengan mengelola Nuansa Maninjau Resort yang berganti nama menjadi Parkside Nuansa Maninjau Resort. Ini merupakan hotel pertama di Indonesia yang dikelola oleh Parkside Hotels & Resorts.

Penandatanganan perjanjian pengelolaan hotel dari PT Malacho Usaha Prima dan PT Parksideindah Hotel Management dilakukan oleh Romy Indra Utama sebagai Direktur PT Malacho Usaha Prima dengan Mugi Harjo sebagai Direktur Utama PT Parkside Indah Hotel Management.

Romy Indra Utama mengatakan, besar harapannya terhadap hotel Parkside Nuansa Maninjau Resort untuk menjadi lebih baik dalam banyak hal setelah dikelola Parkside. Sebab, di Kabupaten Agam belum banyak resor yang bisa menyediakan fasilitas seperti hotel sehingga dengan kerja sama ini yang paling penting karyawan bisa lebih sejahtera, pemegang saham dan stakeholder lainnya akan merasakan dampaknya.

“Ke depannya akan mengembalikan masa-masa kejayaan dahulu seperti awal tahun 2000-an. Karyawan yang bekerja semaksimal mungkin tenaga lokal yang kita manfaatkan. Bisa dikatakan hampir 100 persen karyawan adalah orang Sumatera Barat. Tidak ada satu pun stakeholder tertinggal. Semuanya akan terangkat dengan membaiknya Parkside Nuansa Maninjau. Besar harapannya agar kerja sama ini menjadi berkah yang baik bagi semua pihak,” ujar Romy Indra Utama.

Mugi Harjo merasa bahagia diberikan amanat mengelola hotel di Provinsi Sumatera Barat karena perkembangan ekonomi perhotelannya sangat luar biasa. Terbukti dalam kurun beberapa tahun ini hunian kamar hotel masih di atas hotel yang ada di kota-kota lain.

“Dengan menggunakan sumber daya dan kemitraan kami, Parkside Indonesia akan memaksimalkan potensinya dan mengukur serta melaporkan keberhasilan dengan pemasaran yang telah terbukti. Sederhananya, Parkside Indonesia Hospitality adalah pakar dalam pengembangan waralaba dan pengelolaan hotel,” kata Mugi Harjo.

Bergabungnya Nuansa Maninjau Resort dengan jaringan Parkside Internasional tentu akan meningkatkan dan meninggikan potensi Maninjau di kancah internasional. Sebab, Parkside Internasional mengelola lebih dari 120 hotel yang tersebar di 58 negara dan terkoneksi dengan jaringan-jaringan yang sangat luar biasa untuk perkembangannya.

“Di Indonesia akan memiliki banyak hotel yang sekarang dalam proyek pembangunan. Perjanjian pengelolaan hotel manajemen Nuansa Maninjau Resort adalah yang pertama di Sumatera Barat, mudah-mudahan membawa angin segar. Selanjutnya di Indonesia bagian Timur, bulan April 2019 di Sentani Papua dengan nama Suny Garden Lake Sentani, dan bulan Desember 2019 di Jayapura dengan nama Garden Bay Abepura Jayapura. Kemudian di Batam, Aceh, Medan, Bandung, Magelang, Purwokerto, dan beberapa kota di Jawa Tengah termasuk Semarang,” ungkap Mugi Harjo.

Parkside Nuansa Maninjau Resort yang terletak di Embun Pagi, Matur Mudik, Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini menghadirkan pemandangan dan kesejukan udara Danau Maninjau. Hotel ini menawarkan 59 kamar yang terdiri dari 43 kamar Superior, 5 kamar Deluxe, 4 kamar Honeymoon Suite, dan 7 cottage.

Fasilitas lain yang dihadirkan hotel ini adalah kolam renang, lapangan basket, lapangan tenis, jogging track, pusat kebugaran, restoran, dan biliar. Sementara untuk segmen MICE, hotel ini menyediakan 3 ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 200 orang.