Promosikan Kuliner Lokal, Archipelago International Bikin Tempe Mendoan Terpanjang di Dunia

Monday, 13 November 23 Harry
Penyerahan Piagam MURI Kepada Archipelago Bapak Winston Hanes

Archipelago International, ASTON Inn & favehotel Cilacap, dengan dukungan dari 6 executive chef berbakat dari hotel Archipelago International lainnya; Harper Malioboro, Alana Malioboro, ASTON Solo, favehotel Manahan Solo, favehotel Malioboro, Hotel NEO Malioboro, telah membuat sejarah dengan memecahkan rekor dunia dan Rekor MURI, yaitu menciptakan rangkaian Tempe Mendoan terpanjang.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi dan kerja keras dari Archipelago International, tim manajemen Hotel ASTON Inn & favehotel Cilacap, serta para executive chef lainnya untuk merayakan budaya kuliner Indonesia dengan cara yang unik dan berani.

Kasanova Hermawan, General Manager Hotel ASTON Inn & favehotel Cilacap, mengungkapkan, “Kami sangat bersemangat dan bangga atas pencapaian luar biasa ini. Pemecahan Rekor Dunia dan Rekor MURI bukan hanya tentang mencetak sejarah, tapi juga tentang memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia kepada dunia. Tempe Mendoan adalah salah satu kuliner dari Cilacap, dan kami ingin memperingatinya dengan cara yang luar biasa.”

BACA JUGA:   Harper Cikarang Menandai Ekspansi Archipelago ke Cikarang

Winston Hanes, Vice President of Operations Archipelago International, menambahkan, “Kami berharap bahwa prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi komunitas lokal dan juga menjunjung tinggi keberagaman budaya kuliner di Indonesia. Acara ini juga merupakan wujud apresiasi kami kepada semua orang yang selama ini telah mendukung kami. Ini adalah bukti bahwa ketika kita bersatu, kita bisa mencapai hal-hal luar biasa.”

Persiapan pemecahan rekor MURI dimulai kurang lebih dua bulan sebelum acara dilaksanakan. Persiapan tersebut mencakup pengadaan berbagai bahan baku yang diperlukan untuk membuat tempe mendoan terpanjang, yaitu 200 kg tepung terigu, 2.100 lembar tempe, 180 liter minyak goreng, dan 20 kg daun bawang. Para executive chef kemudian mengolah semua bahan ini mulai dari pukul 9.30 hingga 16.30 pada tanggal 7 November 2023 sehingga menghasilkan rangkaian tempe mendoan sepanjang 532 meter.

BACA JUGA:   Rayakan Natal dengan Makan Malam dan Hiburan di AYANA Midplaza Jakarta

Acara penyerahan piagam dan juga medali rekor MURI dilakukan di ballroom hotel ASTON Inn Cilacap langsung oleh Sri Widayati sebagai perwakilan dari MURI. “Rekor ini juga resmi menjadi rekor dunia karena mengangkat kuliner dan kearifan lokal yang ada di Indonesia, khususnya di kota Cilacap. Tentunya ini juga akan menjadi sebuah kebanggaan bagi warga setempat yang ada di sini,” ucap Sri.

BACA JUGA:   Pullman Ciawi Vimala Hills Resort, Spa and Convention Resmi Beroperasi

“Kami memilih Tempe Mendoan sebagai rekor MURI pada kesempatan kali ini. Tempe Mendoan adalah salah satu produk kuliner khas Cilacap. Adanya pemecahan rekor MURI ini dengan harapan ke depannya nanti kuliner khas yang ada bisa lebih dikenal tidak hanya lokal setempat namun juga nasional,” ucap Denny Frederick, Corporate Executive Chef Archipelago International.