Pullman Hotel Jakarta Central Park Tawarkan Tes PCR Bagi Tamu

Wednesday, 19 August 20 Bonita Ningsih
Pullman Hotel Jakarta Central Park

Jaringan hotel Accor terus mengupayakan kelangsungan bisnisnya di tengah pandemi COVID-19. Selain menawarkan paket menginap yang menarik, Accor juga mengutamakan protokol kesehatan dan kebersihan bagi para tamu dan seluruh karyawannya.

Beberapa langkah yang telah dilakukan Accor untuk mengedepankan faktor kesehatan ialah dengan meluncurkan label ALLSAFE. Program yang telah diluncurkan sejak awal-awal pandemi ini mengatur berbagai penerapan kesehatan dan operasional kebersihan. Secara khusus, ALLSAFE dirancang untuk keselamatan para tamu hotel, seluruh karyawan, pemilik, hingga mitra Accor.

“Ini merupakan program internal kami yang penting bagi Accor seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kami buat program label ALLSAFE untuk menjamin keamanan dan kenyamanan semua orang yang berada di hotel kami,” ujar Adi Satria, Vice President Sales, Marketing, Distribution & Loyalty Accor Malaysia-Indonesia-Singapura.

Tidak hanya sekadar peraturan tertulis, ALLSAFE juga menghadirkan ALL Safe Officer yang bertugas sebagai pengingat dalam penerapan protokol kesehatan di seluruh area hotel kepada tamu dan karyawan.

“ALL Safe Officer bertugas selama 24 jam untuk terus mengingatkan agar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan atau diatur oleh Kementerian Kesehatan yang mengambil standar aturan dari WHO (Organisasi Kesehatan Internasional),” ujar Adi.

Selain mengedepankan label ALLSAFE, setiap properti Accor juga telah memiliki strategi tambahan untuk memaksimalkan protokol kesehatan di hotelnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh manajemen Pullman Hotel Jakarta Central Park.

Adi menjelaskan, beberapa waktu belakangan ini hotel tersebut telah melakukan kerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan tes PCR bagi tamunya. PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

“Jadi, tamu yang datang ke hotel ini bisa tes PCR, bukan rapid test atau antigen lagi. Hasilnya itu lebih real test dan hasilnya dapat dilihat atau keluar di bawah 24 jam,” ucap Adi lagi.

Lebih lanjut Adi mengungkapkan bahwa langkah ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Menurutnya, dengan ketatnya protokol kesehatan yang diberlakukan, dapat menumbuhkan tingkat kepercayaan dari para tamu hotel saat menginap di tengah pandemi.

“Tamu akan merasa aman dan nyaman saat traveling. Label ALLSAFE ini sudah kami implementasikan di seluruh hotel Accor yang ada di Indonesia dan seluruh dunia,” Adi menambahkan.

Menanggapi hal tersebut, Vinsensius Jemadu selaku Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengaku bangga dengan apa yang dilakukan oleh properti Accor. Menurutnya, tes PCR ini sebagai bentuk kepedulian Accor terhadap kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan para tamu yang datang ke hotel.

“Saya kira ini sebuah terobosan luar biasa karena PCR test itu menjadi indikator final untuk mengetahui positif atau tidaknya dari virus COVID-19. Kalau rapid test paling hanya 30 persen keakuratannya,” kata Vinsensius.

Diharapkan, tes PCR yang dilakukan Pullman Hotel Jakarta Central Park dapat menjadi penggerak bagi grup hotel lainnya untuk melakukan hal baik yang serupa. Menurutnya, setiap program yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan banyak orang akan mendapat dukungan dari pemerintah, khususnya Kemenparekraf.

“Dalam adanya PCR ini, Accor berada satu langkah di depan sebagai grup hotel terbaik yang mengutamakan protokol kesehatan. Tentunya, kami sangat mendukung program ini dan dapat menjalin kerja sama lainnya untuk ke depannya,” ujarnya.