Seluruh Hotel Accor Akan Gunakan GeNose C19

Monday, 10 May 21 Bonita Ningsih

Dalam rangka mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia, jaringan hotel Accor menghadirkan fasilitas GeNose C19 di seluruh hotelnya. Untuk tahap awal, Accor akan menghadirkan fasilitas GeNose C19 di hotel-hotel yang berada di kawasan Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

GeNose C19 merupakan alat screening COVID-19 yang dapat digunakan hanya dengan embusan napas. Alat ini merupakan karya anak bangsa, yaitu dari tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Kami antusias untuk dukung pengenalan GeNose C19 sebagai sebuah inovasi karya anak bangsa. Diharapkan dengan adanya alat ini mampu membantu membatasi penyebaran virus COVID-19 melalui program testing dan juga tracing,” ungkap Adi Satria, Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia dan Malaysia.

Adi menjelaskan saat ini sudah ada beberapa hotel di Jawa Tengah yang ikut serta menyediakan alat ini, seperti Novotel Semarang, The Phoenix Hotel Yogyakarta, dan Grand Mercure Yogyakarta. Sebelumnya, sudah ada hotel-hotel yang menyediakan GeNose C19, yakni di Grand Mercure Yogyakarta, Royal Surakarta, Ibis Style Solo, dan Ibis Adisucipto.

BACA JUGA:   Grand Mercure Jakarta Harmoni Gelar Fun Bike dalam Rangka Ulang Tahun Ke-7

“Saat ini kami secara resmi mengumumkan telah meluncurkan alat GeNose C19 di Novotel Solo. Ke depannya, kami akan terus menambah jaringan hotel kami untuk menyediakan alat ini agar dapat memberikan keamanan bagi para tamu,” ujar Adi.

Penyediaan alat ini, menurut Adi, sebagai salah satu langkah untuk memperketat protokol kesehatan COVID-19 di seluruh jaringan hotel Accor. Hingga saat ini, Accor telah mengoperasikan lebih dari 130 hotel di Indonesia dan berupaya menerapkan teknologi inovatif untuk menghadirkan perjalanan lebih efisien dan nyaman.

“Fasilitas GeNose ini akan dibarengi dengan penerapan ALLSAFE, yaitu sebuah protokol kebersihan dan pencegahan dari Accor global. Program ini juga sejalan dengan pedoman CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) yang bersertifikat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” jelasnya lagi.

BACA JUGA:   Accor Buka Sanggar Kedua A Trust For A Child di Indonesia

Di kesempatan yang sama, Sapta Nirwandar selaku Chairman Indonesia Tourism Forum mengatakan, program yang sedang dijalankan Accor ini sangat baik dan menarik. Menurutnya dengan menyediakan alat GeNose C19 ini diharapkan Accor dapat menjadi tulang punggung pemulihan pariwisata di Indonesia.

“Saya lihat mereka memiliki antusias yang cukup tinggi untuk perkembangan pariwisata Indonesia dan harus kita dukung. Apa yang sudah dilakukan Accor saat ini semoga dapat mendorong hotel-hotel lain dan pelaku sektor pariwisata di daerah tersebut untuk menyediakan alat GeNose C19 di tempatnya,” ucap Sapta.

BACA JUGA:   AccorHotels Membuka Pullman Kuala Lumpur City Centre Hotel & Residence

Sapta juga berharap agar karya anak bangsa ini tidak hanya dimanfaatkan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Saat produksi GeNose C19 sudah mulai meningkat, diharapkan seluruh pelaku usaha terkait dapat ikut mempromosikan alat ini ke luar negeri.

“Saya mendapat info kalau banyak jaringan Accor di luar negeri yang tertarik dengan alat ini karena harganya jauh lebih murah, penggunaannya mudah, dan keuntungan lainnya. Oleh sebab itu, saya berharap agar alat ini dapat diproduksi lebih banyak lagi dari sekarang,” katanya lagi.