UMKM Jawa Barat Pasok Kebutuhan Seluruh Hotel Accor

Tuesday, 06 April 21 Bonita Ningsih
Ibis Styles Cikarang
Ibis Styles Cikarang. Foto: Dok. AccorHotels

Grup perhotelan Accor terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Belum lama ini, Accor menjalin kerja sama dengan Smesco Indonesia dan Kementerian Koperasi dan UKM untuk merealisasikan hal tersebut.

Kerja sama ini mengharuskan Accor untuk menggunakan produk-produk UMKM yang berhubung erat dengan kebutuhan hotel. Produk yang terpilih akan digunakan di seluruh jaringan hotel Accor di Indonesia yang berjumlah lebih dari 130 hotel. Untuk memulai program ini, Accor bersama Smesco Indonesia sepakat memulainya di provinsi Jawa Barat.

Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia, mengungkapkan, akan menjadikan UMKM di daerah Jawa Barat sebagai lokasi pilot project program penyertaan UMKM yang akan memasok produk perhotelan nasional.

BACA JUGA:   Anantara Seminyak Bali Resort Jalani Renovasi Total

Pihaknya memilih Jawa Barat sebagai lokasi pertama dalam melaksanakan program ini karena daerah tersebut dikenal sebagai trendsetter dalam produk-produk lokal unggulan di Indonesia, serta terdapat sekitar 15.000 UMKM Jawa Barat yang menjadi penghasil terbesar berbagai klaster produk di Indonesia.

Tak hanya memasok hotel Accor di Jawa Barat, diharapkan UMKM ini dapat berperan aktif dalam mengisi produk perhotelan di daerah lainnya. Dalam hal ini, Leonard akan menggunakan produk UMKM Jawa Barat untuk hotel-hotel yang baru dibangun di beberapa wilayah Indonesia, seperti Jawa Timur dan Banten.

BACA JUGA:   Hotel Golden Tulip Indonesia Lulus Audit Kesehatan dari NSF International

“Saat ini Smesco dan Accor telah melakukan tahap kurasi untuk menentukan produk mana yang akan digunakan. Saya berharap kurasi produk ini akan dilakukan sesegera mungkin agar setelah pembangunan selesai produk UMKM sudah bisa digunakan di hotel-hotel,” jelasnya lagi.

Garth Simmon, CEO Accor Asia Tenggara, Jepang, Korea Selatan, menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan program “Rediscover Indonesia” yang lebih dulu dibuat oleh Accor. Program ini telah hadir di lebih dari 130 hotel Accor yang berada di 30 destinasi Indonesia.

BACA JUGA:   Whiz Mate Berikan Diskon 50 Persen

Rediscover Indonesia menawarkan pengalaman menginap sambil menjelajahi seni dan budaya unik di Indonesia. Para tamu hotel Accor dapat menikmati pengalaman lokal ikonik dengan produk dari para pelaku UMKM yang telah dikurasi.

“Program ini juga sebagai salah satu langkah Accor dalam mendukung gerakan pemerintah Di Indonesia Aja, Bangga Buatan Indonesia, serta Bangga Berwisata Di Indonesia,” kata Garth.