Accor Akan Gunakan Produk Lokal Untuk Kebutuhan Hotelnya

Tuesday, 06 April 21 Bonita Ningsih
Accor

Grup perhotelan Accor melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Smesco Indonesia tentang “Pembentukan Kerja Sama dalam Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk mendukung Pemulihan Ekonomi pada Bidang Jasa Perhotelan”. Didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan terhadap sektor UMKM di Indonesia.

Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia, menjelaskan bahwa saat ini Smesco Indonesia dan Accor telah melakukan kurasi terhadap produk-produk UMKM yang dibutuhkan sektor perhotelan. Beberapa di antaranya adalah produk untuk kebutuhan restoran, kamar tidur, kamar mandi, toiletries, amenities, dekorasi, house hold, serta minibar.

Smesco dan Accor telah menyebarkan informasi terkait hal ini melalui Dinas Koperasi & UKM di seluruh Indonesia dan dilakukan sosialisasi secara daring melalui akun sosial media masing-masing. Setiap UMKM yang telah memenuhi syarat dapat melakukan pendaftaran melalui link secara daring.

BACA JUGA:   Paket Karantina Mewah di AYANA Midplaza Jakarta

Leonard mengungkapkan, sejak dibuka link pendaftaran hingga kini terdapat 600 UMKM yang telah mendaftar dan memiliki produk unggulan di bidang perhotelan.

“Nantinya, produk UMKM yang telah terseleksi akan mengisi kebutuhan hotel-hotel Accor yang berjumlah lebih dari 130 hotel di seluruh Indonesia,” ungkap Leonard.

Garth Simmons, CEO Accor Asia Tenggara, Jepang, Korea Selatan, mengaku bangga dan terhormat karena dapat melanjutkan program ini sebagai salah satu bentuk dukungannya terhadap pemerintah. Program ini diharapkan mampu memulihkan ekonomi negara dengan cara mengembangkan bisnis pelaku UMKM. Selain itu, di masa yang penuh tantangan ini, Accor dapat turut serta menyukseskan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

BACA JUGA:   Accor Siapkan Rp1,5 Miliar Untuk Beli Produk UKM Jawa Tengah

“Kami antusias untuk terlibat secara aktif mulai dari proses kurasi produk UMKM, mempromosikan, hingga memanfaatkan produk-produk tersebut melalui hotel-hotel Accor yang berada di berbagai destinasi Indonesia,” ujar Garth.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, mengucapkan terima kasih kepada Accor atas komitmennya membantu memasarkan produk-produk UMKM di jaringan hotelnya. Teten juga berharap agar ke depannya semakin banyak produk UMKM yang dapat terhubung dengan ekosistem hotel Accor di Indonesia.

BACA JUGA:   Swiss-Belinn Bogor Siap Akomodir Tamu Bisnis dan Rekreasi

“Saya kira kerja sama ini menjadi terasa istimewa karena banyak bisnis UMKM yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Banyak UMKM yang terpukul dari sisi permintaan, omzetnya yang turun, hingga permasalahan dari segi pembiayaan. Oleh karenanya, program ini hadir untuk menjadi solusinya,” ucap Teten.