Ancaman Ini Terus Mengintai Keamanan Digital

Tuesday, 22 June 21 Venue

Aset di dunia digital perlu dijaga karena penting dan berharga, sama seperti dompet, smartphone, dan kendaraan. Hal itu diungkapkan Dadi Krismantono, Head Director Digital Media Opapaci Strategic, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (17/6/2021).

“Digital safety (keselamatan digital) adalah kemampuan melindungi diri dan aset digital ketika berada di ruang digital,” ujarnya.

Alasan untuk menjaga keselamatan digital adalah karena kita tidak tahu siapa yang akan kita temui di internet.

BACA JUGA:   Memasarkan Produk ke Luar Negeri Melalui Media Digital

“Selain itu, kita semakin bergantung third party could based services sehingga jejak digital kita akan terus melekat dan dapat digunakan untuk merugikan/mengancam kita, ancaman hacking, scams, threats, pencurian data, pembobolan terus meningkat, dan kita harus melindungi aset-aset digital di ruang internet,” tuturnya.

Beberapa akun yang harus dijaga keamanannya antara lain WhatsApp, Telegram, alamat email, akun media sosial, akun aplikasi, domain situs website, IP address, dan file konten yang disimpan secara digital.

BACA JUGA:   Empat Tips Aman Berseluncur Di Dunia Maya

“Karena kejahatan di dunia digital seperti penipuan, pencurian identitas, phishing, carding, ransomware, cyberbullying, dan pembobolan akun akan menunggu Anda kalau tidak bisa menjaga data pribadi,” tuturnya.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).