BPDASHL UNDA ANYAR Motori Gerakan Cinta Lingkungan di Bali

Monday, 16 September 19 Nila Sofianty

Lingkungan bersih dan udara yang segar sangat dibutuhkan untuk Bali yang menjadi destinasi utama pariwisata dunia. Hal ini bisa dicapai dan harus dilakukan oleh semua pihak tak hanya oleh pemerintah dan pihak terkait. Untuk itu, sejumlah pihak bergandeng tangan memasyarakatkan gerakan cinta lingkungan sangat dibutuhkan.

Seperti yang dilakukan oleh SMAN 2 Kuta bersama Rotary Club Bali Benoa dan BPDASHL UNDA ANYAR lewat Gerakan Cinta Lingkungan dengan penanaman pohon untuk ikut melestarikan alam Bali pada 12 September 2019.

Lokasi penanaman pohon adalah di lingkungan SMAN 2 Kuta di Kedonganan. Selain dihadiri oleh pihak sekolah, ada juga jajaran BPDASHL UNDA ANYAR yang dipimpin langsung oleh Kepala BPDASHL UNDA ANYAR Dr. Ir. Titik Wurdiningsih, M.Si., PP Wanda Somdani dan sejumlah anggota Rotary Club Bali, serta I Wayan Tur Adnyana yang merupakan Ketua PGRI Badung dan Club Presiden RC Bali Jimbaran.

BACA JUGA:   Halal Travel Fair 2017 Hadirkan Tujuan Wisata Religi

Dr. Ir Titik dalam sambutannya mengaku senang karena saat ini sangat penting melakukan Gerakan Cinta Lingkungan dengan penanaman pohon secara massal untuk semakin menyegarkan udara di Bali ini. BPDASHL mempunyai lahan pembibitan di daerah Suwung yang menyediakan berbagai macam bibit tanaman, baik tanaman yang bernilai ekonomis seperti sengon, manggis, dan juga tanaman lain seperti cempaka kuning, kayu putih, dan sebagainya.

BPDASHL UNDA ANYAR menyediakan 317 tanaman yang terdiri dari Cemara, Ketapang Kencana, Cendana, Cempaka, Boni, dan lain-lain untuk ditanam di lingkungan SMAN 2 Kuta dan juga dibagikan kepada para guru dan siswa.  Tujuan dibagikannya bibit tanaman ini kepada siswa adalah untuk menanamkan rasa cinta lingkungan kepada para siswa sejak dini.

BACA JUGA:   Sanksi Sosial Diperlukan Saat Membuka Kembali Pariwisata

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Unda Anyar merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung.

Drs. I Putu Jaya Kusuma, M. Pd, Kepala Sekolah SMAN 2 Kuta, menyatakan terima kasih atas pemberian bibit tanaman dari BPDASHL Unda Anyar dan juga kepada Rotary Club Bali Benoa yang dipimpin oleh PP Wanda Somdani selaku Club President. Menurutnya, misi dari SMAN 2 di antaranya adalah selalu menanamkan rasa cinta alam, baik kepada guru, karyawan, dan juga para siswa dan bersama-sama aktif melestarikan lingkungan.

BACA JUGA:   Kemendag Selenggarakan Bazar Ramadan

SMAN 2 Kuta juga aktif dalam penanaman mangrove, pembersihan sampah di pantai, dan juga mendukung Pergub Bali untuk pengurangan sampah plastik.

PP Wanda Somdani, Club President RC Bali Benoa menyatakan bahwa Rotary sangat concern terhadap lingkungan, dan penanaman pohon ini adalah bukti dan kerja nyata dari Rotary dalam menjaga lingkungan hidup. Rotary Club Bali Benoa dan BPDASHL juga telah menandatangani Memorandum of Understanding untuk menjadi mitra dalam penyelamatan lingkungan.