Dukung Program Pemerintah, Epson Indonesia Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri 

Wednesday, 03 July 24 Bonita Ningsih

Epson Indonesia memastikan komitmennya untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN). Komitmen tersebut dihadirkan dalam bentuk peluncuran rangkaian produk terbaru yang dirancang dan diproduksi oleh PT Indonesia Epson Industry di Cikarang, Jawa Barat. 

Sejumlah produk telah disiapkan Epson Indonesia secara khusus untuk mendukung program PDN seperti proyektor, document scanner, dan printer bisnis. Dengan peluncuran tersebut, Epson Indonesia, telah memiliki 56 produk bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan tambahan 15 produk lainnya yang sedang dalam proses sertifikasi.

“Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengapresiasi dukungan nyata oleh Epson melalui investasi perluasan produksi proyektor yang sebelumnya diproduksi di luar negeri dan mulai Juli 2024 dipindahkan ke Indonesia,” ujar Priyadi Arie Nugroho, Direktur Industri Elektronik dan Telematika (IET) Kemenperin RI. 

Seluruh produk terbarunya ini memanfaatkan teknologi terkini yang memastikan kualitas tinggi dan efisiensi luar biasa. Terpenting, produk-produk tersebut telah memenuhi persyaratan TKDN yang ditetapkan oleh pemerintah. 

BACA JUGA:   Colliers Indonesia: Aturan Retribusi ke Bali Tak Menurunkan Jumlah Wisman

Dalam kategori proyektor, Epson, meluncurkan seri EB-E600 & EB-X600 sebagai proyektor 3LCD pertama yang diproduksi di Indonesia. Seri ini merupakan pengembangan dari EB-E500 dan EB-X500 yang sebelumnya telah sukses di pasaran. 

Produk EB-E600 dan EB-X600 dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi dengan fitur-fitur canggih untuk mendukung berbagai kebutuhan Pendidikan dan perkantoran. Produk ini juga membuktikan dedikasi dan komitmen Epson dalam menyediakan teknologi proyektor terbaik kepada dunia pendidikan untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

“Kami bangga bahwa produk-produk ini dibuat dengan komponen lokal yang signifikan, sehingga mampu mendukung industri lokal dalam menciptakan lapangan kerja dan memperkuat industri manufaktur dalam negeri,” ucap Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Corporate Product Epson Indonesia.

Hadirnya proyektor seri ini juga semakin menguatkan Epson sebagai pemimpin pasar proyektor di Indonesia dengan market share tertinggi 51,2 persen (future source). Peluncuran produk dilakukan pada Juni 2024 dan akan mulai tersedia di pasar pada Agustus 2024.

BACA JUGA:   Dukung Industri Lokal, Epson Tingkatkan Produk Bersertifikat TKDN

Pada jajaran printer, Epson, meluncurkan seri AM-C400 & AM-C550 sebagai printer multifungsi berukuran A4. Menggunakan teknologi line inkjet, printer ini hadir sebagai solusi pencetakan di perkantoran yang memiliki produktivitas tinggi serta ramah lingkungan. 

“Ini menjadi komitmen kami untuk terus mendukung pertumbuhan industri lokal melalui teknologi inovatif dan penggunaan komponen lokal. Kami yakin bahwa produk-produk ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan kami serta berkontribusi pada penguatan ekonomi nasional,” jelas Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia.

Saat ini Epson juga telah melengkapi jajaran produk scanner melalui tiga tipe terbaru yang dirancang dan diproduksi di Indonesia. Tersedia tipe ES-C380W,  ES-C320W, dan DS-C330 sebagai pengembangan dari model terdahulu.

BACA JUGA:   Nasib MICE Pasca Jokowi

Scanner ini ditujukan untuk mendukung pengguna perkantoran dalam melakukan digitasi dokumen dengan produktivitas tinggi dan operasional yang efisien. Sebagai wujud terhadap keberlanjutan produk ini memanfaatkan bahan baku daur ulang hingga 34 persen.

Peluncuran ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui perluasan produksi dan penggunaan komponen yang dibuat di dalam negeri. Tak hanya itu, Epson juga dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi dan juga mitra yang berkomitmen untuk mendukung perekonomian lokal.

“Kami bangga dapat mendukung inisiatif pemerintah untuk memperkuat industri lokal melalui peluncuran produk-produk berkualitas tinggi yang dibuat di Indonesia,” kata Ng Ngee Khiang, Managing Director dari Epson Indonesia.