Epson Dorong Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Monday, 12 February 24 Bonita Ningsih

Selama hampir tiga dekade beroperasi di Indonesia, Epson, kembali menunjukkan komitmennya untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Perusahaan teknologi percetakan dan visual ini melakukan komitmen tersebut berdasarkan dengan tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN) untuk Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Epson di Indonesia sudah memiliki tiga perusahaan berupa PT Epson Batam, PT Indonesia Epson Industry, dan PT Epson Indonesia. Dengan demikian, Epson telah menjadi pemimpin dalam menyediakan produk-produk inovatif seperti printer, proyektor, pemindai, dan solusi robot. 

Salah satu kontribusi penting Epson terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah kontribusinya terhadap ekspor elektronika yang telah mencapai sekitar 15 persen dari total nilai ekspor elektronika Indonesia. Epson juga telah aktif dalam mendukung pengembangan komponen dalam negeri (TKDN) untuk meningkatkan kualitas produksi teknologi dan dapat berkembang di dalam negeri.

Namun, Epson tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi semata. Mereka telah menciptakan lapangan kerja yang layak untuk ribuan tenaga kerja lokal, memperkuat struktur ekonomi, dan sosial di komunitas setempat.

Melalui bisnisnya, Epson secara khusus juga mendukung beberapa pilar SDGs seperti pertumbuhan ekonomi, inovasi, produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, dan kemitraan.

BACA JUGA:   ASTINDO Sebut COVID-19 Berdampak Paling Parah

Pilar SDGs juga telah dimasukkan ke dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang menjadi kegiatan rutin Epson setiap tahunnya. Belum lama ini, Epson berhasil menggelar kegiatan CSR yang mendukung pilar perubahan iklim dari SDG berupa penanaman 6.000 pohon di berbagai wilayah tanah air.

Program penanaman pohon ini diharapkan dapat membantu penyerapan emisi karbon yang merupakan penyebab terbesar dalam perubahan iklim. Rencananya, proyek ini akan dilakukan Epson hingga tahun 2027 mendatang.

Pada tahun 2023 lalu, Epson Indonesia, juga berhasil menyelesaikan program penanaman pohon di tiga kota berbeda dalam upaya mendukung lingkungan. Secara keseluruhan, Epson Indonesia, telah berhasil menanam total 2.300 pohon. 

Tahun lalu, terdapat 1.000 pohon berhasil ditanam di Kota Karawang dan Banjarmasin kemudian 25 pohon ditanam di Cibis Nine Jakarta. PT Indonesia Epson Industry berhasil menanam pohon di hutan Kalimantan Selatan dengan luas tanah 300 hektar. 

BACA JUGA:   Perkuat Pasar Asia Tenggara, Presiden Global Epson Kunjungi Indonesia

Tindakan tersebut mencerminkan perhatian Epson terhadap lingkungan dan menjadikannya sebagai perusahaan yang peduli terhadap keberlanjutan masa depan lebih hijau. Langkah ini juga sebagai bentuk kontribusi positif perusahaan terhadap peningkatan kualitas udara.

Melalui program-program tersebut, Epson Indonesia berharap dapat menggerakan para penduduk sekitar untuk merawat dan meneruskan pelestarian lingkungan tersebut secara mandiri. Masih dalam pilar SDGs terkait perubahan iklim, Epson Indonesia juga senantiasa mengevaluasi proses produksinya untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Lebih dari itu, Epson Indonesia juga turut mendukung pilar pendidikan dari tujuan pembangunan berkelanjutan melalui program Epson Goes to School. Pasalnya, kesejahteraan sebuah masyarakat ditentukan oleh mutu sumber daya manusianya, yang dibangun lewat pendidikan. 

Tahun lalu, Epson Indonesia juga mendonasikan peralatan dan sarana teknologi berupa 64 Printer L3216 dan 128 set tinta untuk 64 sekolah di seluruh wilayah Nusantara. Wilayah yang dipilih yang dianggap paling kesulitan untuk menjangkau sarana teknologi baik karena lokasi geografis maupun karena keterbatasan anggaran. 

Melalui program ini, Epson Indonesia berharap dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar melalui perangkat teknologi. Selain itu, dapat membantu para siswa sekolah-sekolah ini untuk menjadi lebih melek teknologi, sebuah kemampuan yang dapat menunjang pendidikan dan karier mereka di masa depan.

BACA JUGA:   Bidang Akomodasi dan Kuliner Penyumbang Terbesar Pariwisata Indonesia

Kemudian, Epson Indonesia juga melengkapi program CSR dengan kegiatan amal seperti Ramadan Bersama Epson. Dalam kegiatan ini, Epson menyalurkan santunan paket sembako kepada kurang lebih 15 panti asuhan di lima kota di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang kegiatan sehari-hari para anak panti asuhan agar mereka dapat terus mengoptimalkan potensi diri mereka.

Semua kegiatan di atas, menunjukkan bahwa Epson telah berkontribusi dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Lebih dari itu, kegiatan tersebut juga membuktikan bahwa Epson Indonesia adalah TKDN yang sesungguhnya.