Epson Indonesia Perkuat Bisnis Proyektor Interaktif Selama Pandemi

Friday, 25 September 20 Bonita Ningsih
epson interaktif

Di tengah pandemi COVID-19, PT Epson Indonesia dituntut untuk mencari peluang bisnis terbaik. Salah satu yang dilakukan saat ini ialah dengan memperkuat bisnis proyektornya melalui Epson Ultra-Short Throw Interactive Projector.

Zanipar SA Siadari, Senior Product Marketing Manager Visual Instrument & Printer Epson Indonesia, mengatakan, “Kita memang selalu melihat dan mencari peluang dalam situasi apa pun. Kita coba lakukan research sebelumnya, masalah apa saja yang terjadi saat ini dan bagaimana caranya Epson mampu memberikan solusi di dalamnya.”

Epson Ultra-Short Throw Interactive Projector dimanfaatkan dengan baik oleh sektor perkantoran dan pendidikan dalam menunjang aktivitas di tengah pandemi. Berbagai jenis proyektor interaktif telah dikeluarkan Epson Indonesia, dan yang terbaru perusahaan ini mengeluarkan proyektor laser interaktif Ultra-Short Throw Epson EB-1485Fi pada pertengahan tahun 2020. Proyektor ini berfungsi sebagai whiteboard digital interaktif yang lebar dan dapat digunakan untuk produktivitas di ruang kelas dan ruang rapat.

Nolly Dhanurendra, Head of Marcomm and Public Relations PT Epson Indonesia, mengatakan, dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diperketat, sektor pendidikan dan perkantoran sulit untuk bertemu tatap muka. Padahal, sistem pembelajaran dan kegiatan bisnis tidak dapat ditinggalkan dalam situasi apa pun.

“Oleh karena itu, kita kasih solusi di sini. Ini menjadi inisiatif Epson dalam memberikan kemudahan bagi dunia pendidikan dan perkantoran di tengah pandemi. Bagaimana pun juga, setiap orang harus tetap produktif di situasi saat ini,” ucap Nolly.

Epson telah mengadopsi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan kegiatan belajar dan bekerja jarak jauh yang efektif. Penggunaan proyektor interaktif yang dimiliki Epson berfungsi sebagai ruang interaktif dengan display yang besar sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih baik.

Selain proyektor interaktif, Epson juga menawarkan produk lainnya sebagai penunjang aktivitas jarak jauh. Epson Document Camera ELPDC21 hadir sebagai kamera untuk mendokumentasikan seseorang dalam memberikan materi dan nantinya dapat dikirim langsung melalui surel atau dicetak dengan printer multifungsi Epson WF-C579R.

Kemudahan yang ditawarkan untuk menunjang kegiatan selama di rumah saja membuat penjualan produk-produk Epson meningkat, khususnya proyektor interaktif. Di tahun ini, penjualan proyektor interaktif paling banyak didapat dari sektor pendidikan dengan presentasi 75 persen, kemudian sisanya dari perkantoran.

Zanipar mengungkapkan, selama pandemi ini pihaknya sering mengadakan program webinar di 20.000 sekolah, perusahaan, perkantoran, hingga asosiasi untuk menjajalkan produknya tersebut.

“Penjualan di sektor pendidikan memang lebih banyak karena setiap kali ada Kementerian atau Dinas Pendidikan yang beli, pasti kuantitinya banyak. Kalau misalnya perkantoran ‘kan pada umumnya hanya membeli dua hingga tiga unit saja sesuai dengan kebutuhan perusahaannya,” ucapnya lagi.