Epson Indonesia Targetkan Bisnis Naik 10 Persen di 2024

Friday, 15 March 24 Bonita Ningsih

Epson Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan bisnisnya dari tahun ke tahun. Meskipun tahun fiskal 2023 baru berakhir pada Maret 2024, Epson Indonesia optimistis bisnisnya telah mengalami peningkatan 14 persen dari tahun 2022.

“Kami expect tahun 2023 bisa tumbuh 14 persen karena pascapandemi ini bisnis telah kembali normal. Penjualan terbanyak kami ada di printer sebesar 80 persen dengan didominasi printer series L,” kata Riswin Li, Head of Marketing PT Epson Indonesia.

Dengan hasil tersebut, Riswin, menargetkan bisnis Epson Indonesia akan tumbuh 10 persen pada tahun fiskal 2024 mendatang. Berbagai cara telah dipersiapkan Epson Indonesia untuk merealisasikan target tersebut seperti fokus di kebutuhan B2C atau consumer product.

“Bisnis Epson memang 80 persen masih ditopang dengan barang-barang kebutuhan B2B, makanya, kami fokus ke produk tersebut sekarang,” Riswin menambah.

BACA JUGA:   ‘Ratu Bunga' Promosikan Wisata Tomohon

Kendati demikian, Epson Indonesia, tengah berusaha mengembangkan barang kebutuhan B2B untuk melengkapi bisnisnya di tahun ini dan mendatang. Riswin menjelaskan barang-barang B2B ditujukan untuk konsumennya yang berasal dari kalangan korporat ataupun pemerintahan seperti high projector hingga produk robotic.

Selain itu, Epson Indonesia juga akan lebih fokus untuk menambah produk-produk bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mulai dari lingkup proyektor bisnis hingga printer CISS entry level. Menurutnya, TKDN merupakan program dari pemerintah yang ingin mendorong pertumbuhan ekonomi negara dengan membuat produk dalam negeri.

“Awalnya kami hanya punya 22 produk yang bersertifikasi TKDN dan ke depannya akan terus bertambah mungkin sampai 30 atau bisa lebih lagi,” ucapnya. 

BACA JUGA:   Menangkap Pasar Virtual dan Hybrid Event

Adanya penambahan produk tersebut, membuat Riswin optimistis dapat mencapai target 10 persen peningkatan bisnis Epson Indonesia di tahun 2024. Hal ini juga didukung dengan perekonomian negara yang akan terus tumbuh hingga mencapai 5 persen.

“Kalau dilihat dari sisi PDB 2024, kami cukup optimistis bisnis akan terus meningkat. Ditambah dengan prediksi pemerintah dan beberapa lembaga internasional yang menyebutkan bahwa perekonomian Indonesia akan tumbuh 4,9 hingga 5 persen,” jelasnya lagi.

Di awal tahun 2024, ekonomi negara sudah terlihat tumbuh karena adanya pengeluaran yang cukup besar saat pemilihan umum (pemilu). Ditambah dengan damainya proses pemilu, membuat ekonomi semakin stabil dan berpotensi mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

BACA JUGA:   Epson Luncurkan SurePress L-6534VW Untuk Label UV dan Industri Kemasan

“Apalagi kalau dilihat-lihat, pemilu tahun ini hanya satu putaran saja sehingga dari sisi bisnis menjadi sesuatu hal yang positif. Sudah tidak ada lagi ketidakpastian yang membuat kita ragu untuk menjalankan bisnis,” ucapnya. 

Selanjutnya, di tahun 2024, Epson Indonesia juga terus mengembangkan produk-produk yang berkaitan dengan sustainability atau keberlanjutan. Sejumlah upaya telah dilakukan di antaranya adalah bekerja sama dengan WWF untuk konservasi lingkungan berupa penanaman mangrove dan pohon lainnya.