Hong Kong Disneyland Resort Laporkan Hasil Bisnis di 2019

Friday, 20 March 20 Bonita Ningsih
Hong Kong Disneyland Resort

Hong Kong Disneyland Resort (HKDL) melaporkan hasil bisnis untuk tahun fiskal 2019. Pada sembilan bulan pertama 2019, HKDL memiliki catatan yang baik dengan memiliki pendapatan yang meningkat.

Tercatat ada kenaikan sebesar 11 persen dari tahun ke tahun dan kenaikan 20 persen untuk laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA). Hebatnya lagi, HKDL berhasil meningkatkan laba bersih sebanyak empat kali lipat.

Naiknya pendapatan tersebut membuat jumlah kunjungan ke sana meningkat sebesar lima persen. Di periode yang sama, tingkat okupansi hotel juga meningkat sebesar delapan persen dari tahun sebelumnya.

Puncak tertinggi HKDL saat dilakukan pembukaan Ant-Man and The Wasp: Nano Battle! pada 31 Maret 2019. Ini menjadi daya tarik tersendiri karena secara cepat menjadi paling populer di resor. Dengan adanya atraksi ini, tercatat tamu yang datang lebih banyak adalah anak muda laki-laki. Jumlah tamu anak muda laki-laki lebih banyak 10 persen ketimbang tamu lainnya.

Kendati memiliki kenaikan di awal tahun, di kuartal ke empat tahun 2019 terdapat penurunan pendapatan untuk HKDL. Hal ini disebabkan lantaran industri pariwisata Hong Kong saat itu sedang menghadapi kondisi yang memprihatinkan.

Beberapa perjalanan musim panas harus terganggu dengan kondisi tersebut. Oleh karenanya, kedatangan wisatawan menurun drastis dan kinerja HKDL berpengaruh buruk di periode yang sama.

Sebagai catatan, resor ini menghasilkan pendapatan sebesar HK$6 miliar untuk tahun 2019 yang berakhir pada 28 September 2019. Angka ini sebanding dengan pencapaian tahun fiskal 2018. Di periode yang sama, terdapat kenaikan belanja untuk memperbaiki taman di sana, yakni naik empat persen. Kenaikan ini sebagai belanja taman per kapita paling besar yang dilakukan selama 10 tahun berturut-turut.

Sementara itu, terjadi penurunan empat persen untuk wisatawan di tahun 2019, menjadi 6,5 juta orang. Sejak berdirinya taman di tahun 2005, HKDL telah menyambut lebih dari 83 juta tamu di dalamnya. Selama setahun penuh, tingkat hunian hotel sudah mencapai 74 persen.

Halaman : 12