Ini Dia Aplikasi Pendukung untuk Kerja #DiRumahAja

Sunday, 22 March 20 Harry Purnama

Work from home, alias bekerja #DiRumahAja, sedang menjadi istilah yang hangat di kalangan pekerja Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek. Imbauan agar para pekerja di Jabodetabek untuk bekerja dari rumah dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo dan para kepala daerah dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 maupun sebagai bentuk isolasi diri agar tidak tertular penyakit tersebut.

Tentunya bekerja dari rumah tidak semudah membalik telapak tangan karena para pekerja dipaksa mengubah kebiasaannya dalam bekerja 180 derajat dalam waktu mendadak. Untungnya, teknologi yang maju telah membantu para pekerja maupun manajer perusahaan untuk memantau para bawahannya maupun untuk meeting secara virtual.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda untuk bekerja secara remote dari rumah tanpa harus kehilangan koordinasi dan komunikasi dengan rekan kerja maupun kliennya.

Zoom

Zoom merupakan aplikasi video conference yang paling banyak digunakan. Pasalnya, jumlah peserta yang berpartisipasi bisa mencapai 100 orang. Sayangnya, di versi gratisan, setiap video call hanya bisa maksimal 40 menit.

Zoom bisa dibuka melalui ponsel maupun komputer. Asyiknya lagi, untuk menggunakan Zoom hanya yang membuat meeting yang harus mendaftar terlebih dahulu, sedangkan para pesertanya tidak perlu mendaftar untuk bisa bergabung video conference.

Skype

Aplikasi buatan Microsoft ini merupakan “pemain” lama di bidang konferensi video maupun telekonferensi. Skype bisa digunakan melalui ponsel maupun komputer. Sayangnya, jumlah peserta konferensi video hanya bisa maksimal delapan orang. Kalau mau lebih dari itu, silakan menggunakan Skype versi berbayar.

Di versi premium, para peserta tetap bisa bergabung dalam konferensi video meskipun komputer atau laptopnya tidak memiliki aplikasi Skype. Pasalnya, Anda secara otomatis akan diarahkan ke web browser untuk membuka alamat URL meeting online.

ConnectWise

Aplikasi ini khusus digunakan oleh perusahaan besar. Sebab, ConnectWise tidak tersedia secara gratis sepanjang waktu, atau hanya tersedia masa uji coba dalam waktu yang singkat. Kelebihannya, koneksi di dalam ConnectWise sangatlah aman dan pribadi karena ConnectWise menggunakan enkripsi SSL 256-bit end-to-end dan otentikasi dua faktor. Selain itu, orang lain yang ingin bergabung dalam konferensi video harus mendapatkan verifikasi dari admin terlebih dulu.

Google Hangouts

Ini merupakan aplikasi yang juga cukup banyak digunakan karena bisa diakses di mana-mana, seperti di komputer, website, Android, dan iOs sehingga membuat Google Hangouts cukup efektif digunakan untuk meeting daring. Google Hangouts yang terintegrasi dengan Gmail juga sangat memudahkan dalam mengirim data dan file lainnya ke sesama peserta rapat.

Cisco WebEx

Untuk meeting daring skala kecil, Cisco WebEx bisa juga menjadi pilihan. Pasalnya, aplikasi yang versi gratisnya bisa digunakan hanya sampai tiga orang. Apabila ingin lebih dari tiga orang, maka Anda harus meng-upgrade-nya ke versi premium. Cisco WebEx juga sudah memiliki fitur screen sharing, meeting recording, sampai tata letak layar yang bisa disesuaikan untuk keperluan rapat.