IndiGo Airlines Buka Penerbangan Langsung India ke Indonesia

Tuesday, 08 August 23 Bonita Ningsih

Untuk mengakomodir tingginya jumlah kunjungan wisatawan India ke Indonesia, IndiGo Airlines, membuka penerbangan langsung dari kedua negara. Penerbangan langsung perdana yang dilakukan IndiGo Airlines sudah berlangsung pada 7 Agustus 2023 di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. 

Upaya yang dilakukan IndiGo Airlines mendapatkan apresiasi dari pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa penerbangan langsung ini diharapkan mampu mendatangkan lebih banyak wisman India ke Indonesia sehingga berkontribusi pada peningkatan pendapatan devisa negara dari sektor pariwisata serta penambahan lapangan kerja.

“Konektivitas menjadi kunci untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, terlebih penerbangan langsung dari India ke Indonesia sudah lama dinantikan. Oleh sebabnya, saya sangat mengapresiasi langkah ini,” ungkap Sandiaga.

BACA JUGA:   Jumlah Penumpang Pesawat Turun 60 Juta Akibat Pandemi

Sandiaga juga mengatakan bahwa pendaratan pesawat IndiGo di Jakarta menjadi penanda dibukanya kembali rute penerbangan langsung dari originasi India ke Indonesia setelah sempat vakum selama 4 tahun. Penerbangan ini akan dilakukan satu kali dalam sehari dengan rute Mumbai ke Jakarta.

Sebagai bentuk apresiasi, Kemenparekraf, menyambut kedatangan awak penumpang IndiGo Airlines dengan sebuah kegiatan Inaugural Flight IndiGo. Penerbangan perdana membawa 167 penumpang yang 13 di antaranya merupakan peserta famtrip yang terdiri dari jurnalis, social media influencer, dan perwakilan IndiGo. 

IndiGo Airlines menggunakan pesawat Airbus A320 bernomor 6E-1601 yang berangkat dari Mumbai pukul 07.55 waktu India. Pesawat tersebut tiba di Jakarta pada pukul 16.10 WIB di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan langsung disambut oleh perwakilan Kemenparekraf didampingi Abang None Jakarta dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Berikan Insentif Bagi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

“Ke depan, diyakini akan lebih banyak lagi maskapai yang membuka rute penerbangan langsung, mengingat tren pasar wisatawan mancanegara asal India selalu meningkat. Ditambah, saat ini Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal India dengan keindahan alam dan kemiripan budayanya,” jelas Sandiaga.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Juni 2023, India, telah menduduki peringkat keempat teratas sebagai negara yang menyumbangkan wisatawan terbanyak di Indonesia. Dilihat dari target 8,5 juta wisman yang sudah ditentukan sebelumnya, India, berhasil menyumbangkan 6,48 persen warganya untuk berkunjung ke Indonesia.

BACA JUGA:   Trans Nusa Hubungkan Cilacap dengan Jakarta dan Semarang

“Saya surprise melihat data tersebut bahwa India berhasil menempati urutan empat teratas, Bahkan, jumlah wisman dari India sudah melampaui angka Tiongkok yang yang hanya 5,88 persen,” ucap Sandiaga.